PKM UMY Dampingi Sanggar Kethoprak dan Karangtaruna Buat Film

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 50 orang anggota Sanggar Kethoprak Santiaji dan Karangtaruna Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang mengikuti workshop produksi film. Peserta yang tergabung dalam Komunitas Video Ant Black tersebut mengikuti kegiatan yang menjadi bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta.

Workshop sendiri berlangsung Januari – Juli 2020. Tujuan kegiatan ini sediri merupakan upaya dari Desa Sumber dalam melakukan promosi potensi desa wisata edukatif. “Kegiatan ini juga mendekatkan dan menumbuhkan kecintaan anak muda terhadap seni tradisi dengan cara pengalihwahanaan seni tradisional menjadi film,” kata inisiator kegiatan Budi Dwi Arifianto SSn MSn, Dosen Fisipol UMY dalam siaran pers yang diterima Krjogja.com.

Menurut Budi Arifianto, pelatihan yang diberikan mulai dari teknis pembuatan skenario. Kemudian pelatihan manajemen produksi film mulai dari development, pre production, production, post-production dan distribution. “Keseluruhan tahapan membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi agar produksi film dapat efektif dan efesien,” kata Budi Arifianto.

Peserta juga mendapat pelatihan penggunaan peralatan produksi karena hal tersebut menjadi salah satu kunci dari kesuksesan produksi film. Melalui penguasaan peralatan pula, beragam pesan dapat disampaikan dengan lebih komunikatif.

BERITA REKOMENDASI