PKM UMY Kenalkan Aplikasi Virtual Reality untuk Guru Bahasa Inggris

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenalkan aplikasi berbasis mobile technology kepada guru Bahasa Inggris di 5 sekolah. Aplikasi teknologi Virtual Reality diperkenalkan untuk mengembangkan minat dan kreatifitas pesert didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Program ini diinisiasi oleh Fitria Rahmawati SPd MHum (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa) dan Lanoke Intan Paradita SS MHum (Dosen Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa UMY). Sebagai peserta adalah 13 guru SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta dari 5 sekolah yaitu SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 3, SMP Muhammadiyah 4, dan SMP Muhammadiyah 5.

“Kami menganalisis ketertarikan guru-guru Bahasa Inggris tingkat SMP dalam menerapkan teknologi Virtual Reality dalam pengajaran di kelasnya,” kata Fitria Rahmawati. Program ini diawali dengan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum di 5 Sekolah Mitra terkait program.

Menurut Fitria, metode pelatihan dilakukan dalam tiga tahap, yang meliputi pengenalan media pembelajaran interaktif Virtual Reality yang sesuai dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0. Peserta diajari bagaimana menggunakan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII SMP, khususnya untuk topik bahasan “Describing Place And Things”.

Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi dan pemantapan yang dilakukan melalui survey kegiatan pelatihan dan penggunaan VR dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Fajar Noor Trisna SPd, guru Bahasa Inggris SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, menyampaikan rasa terima kasih kepada Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa UMY yang telah menyelenggarakan Program Workshop Media Pembelajaran Virtual Reality kepada para Guru Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta.

“Pada masa Pandemi Covid-19 seperti ini, kami sangat memerlukan penyegaran dalam hal media pembelajaran untuk dapat menghadirkan pembelajaran yang kreatif, edukatif dan menyenangkan di sela-sela kejenuhan siswa melaksanakan BDR. Virtual Reality menjadi salah satu media alternatif dimana siswa/i dapat merasakan detail dari gambaran yang disajikan tanpa harus ke tempat aslinya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa, program ini menjadikan pengalaman baginya dapat belajar bersama tim dosen Fakultas Pendidikan Bahasa UMY. Sebagai tindak lanjut dari program Pengabdian ini, tim dosen Fakultas Pendidikan Bahasa UMY akan mengembangkan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk topic bahasan “Describing Place and Things” tingkat SMP kelas VIII, yakni berupa video 360 berbasis Virtual Reality. Video 360 tersebut juga akan menjadi luaran program pengabdian ini dan kemudian akan didaftarkan HAKI. (*)

BERITA REKOMENDASI