PKM UMY Kenalkan Membaca Ekstensif di STTKD Yogya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengenalkan membaca ekstensif Bahasa Inggris dengan permainan Papan Zango Bingo. Kegiatan tersebut diberikan kepada dosen pengajar Bahasa Inggris maupun non Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta.

Program ini diinisiasi dua dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris UMY Evi Puspitasari dan Maryam Sorohati. Kegiatan sendiri diikuti sekitar 20 pengajar dari STTKD Yogyakarta. “Kami melakukan observasi lapangan terkait kebutuhan mitra, dari situ ditemui masalah kurangnya referensi mengajar bahasa Inggris pada dosen Bahasa Inggris dan cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk dosen non Bahasa Inggris di STTKD,” kata Evi Pustisari dalam siaran pers kepada KRjogja.com.

Kemudian tim program kemitraan membuat desain treatment untuk mengatasi masalah di lapangan. Treatment pertama adalah pengenalan membaca ekstensif melalui pemaparan tim program kemitraan. Setelah pemaparan selesai, tim membagikan buku cerita kepada peserta.

Di pertemuan berikutnya, setelah selesai membaca buku, peserta melakukan uji coba permainan papan Zango Bingo. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah evaluasi yang dilakukan melalui kuesioner dan wawancara pada peserta program.

BERITA REKOMENDASI