PPDB SMA/SMK DIY, Kini Radius 300 Meter Prioritas Diterima

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri di DIY  2022 sudah mulai tahapan awal, khususnya untuk program kelas khusus. Sedangkan untuk reguler akan dimulai pengajuan akun dan pengambilan token 21-24 Juni 2022. Pemilihan sekolah 27-29 Juni 2022. Seleksi 27-30 Juni 2022.

Untuk tahun ini, PPDB tetap terbagi dalam 4 jalur dengan kuota masing-masing. Yakni jalur zonasi (55 persen), afirmasi (20 persen), pindah orang tua (5 persen) dan prestasi (20 persen). Bedanya dengan tahun sebelumnya, untuk jalur zonasi akan memberi prioritas kepada calon siswa yang berdomisili dalam radius 300 meter dari sekolah.

Baca Juga

Disdikpora DIY Buka PPDB Online SMA dan SMK Negeri di Provinsi Yogyakarta 2022/2023, Ini Linknya

“Mereka yang mendaftar di SMA dan SMK, jika domisilinya jaraknya tidak lebih dari 300 meter, maka diterima di sekolah tersebut,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, Rabu (1/6/2022) menanggapi pertanyaan ada ketentuan terbaru di jalur zonasi.
Dijelaskan, diberlakukannya ketentuan tersebut, sebagai wujud dari semangat zonasi. Karena sejumlah kasus ditemukan, anak yang dekat dengan sekolah, tidak bisa bersekolah sehingga terpaksa mencari sekolah yang jauh.

“Ini menjadikan sekolah di dekatnya hanya menjadi menara gading,” ujar Didik.
Diakuinya bahwa jumlah calon siswa di radius 300 meter, berbeda-beda jumlahnya, tergantung kepadatannya. “Saya yakin, jumlahnya di radius 300 meter tidak banyak, sehingga tidak menyedot banyak kuota zonasi berbasis nilai gabungan,” jelasnya.

Dijelaskan pula, saat ini tidak semua lulusan SMP akan melanjutkan ke SMA. Tidak sedikit dari mereka memilik SMK demi untuk dapat langsung bekerja.
Ketentuan yang baru lainnya, yakni untuk tambahan nilai prestasi, selain dapat digunakan untuk jalur prestasi, tetapi juga dapat digunakan untuk jalur zonasi. (Jon)

BERITA REKOMENDASI