PPDM UMY Inisiasi Pendirian Kampung Inggris Muhammadiyah di Bangunjiwo

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 20 peserta dari Pemuda Muhammadlyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, dan PRA dan PRM Bangunjiwo Barat mengikuti Training for Trainers (ToT) untuk persiapan pendirian Kampung Inggris Muhammadiyah. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Endro Dwi Hatmanto PhD Fitria Rahmawati MHum dari Pendidikan Bahasa Inggris UMY. “Setidaknya ada 3 tujuan yaitu memberikan pengetahuan strategi pengajaran Bahasa Inggris kepada  peserta, memberikan pengetahuan pengelolaan kursus Bahasa Inggris kepada peserta, membangun inisiasi Kampung Inggris kepada Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Yogyakarta.

Untuk mengawali, program awal berupa ToT dengan topik utama pemaparan tentang strategi pengajasan Bahasa Inggris dan pengelolaan kurus Bahasa Inggris. “Kegiatan pertama tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh pada hari Minggu, 26 Juli 2020, bertempat di Gedung PRM Bangunjiwo Barat, Wonotawang, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul,” ujar Endro Dwi Hatmanto.

Kegiatan menghadirkan para ahli dalam bidang pengelolaan kursus Bahasa Inggris dan praktisi pembelajaran bahasa Inggris. Tiga pematera yaitu 2 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang juga merupakan alumni dari Lembaga Kursus Pare dan Seorang Founder dan CEO dari Lembaga Kursus Englishopedia.

Materi Pertama adalah Sharing Session dengan Alumni Kursus Bahasa Inggris Pare yang disampaikan oleh Nana Yuliana, seorang mahasiswi tingkat akhir PBI UMY, yang juga pernah 6 bulan mengikuti Program intensif di Lembaga tersebut. Nana berbagi tentang pengalamannya terkait, program-program yang ditawarkan,  Progam yang pernah diikuti, tujuan pembelajaran, topik-topik bahasan, media pembelajaran yang digunakan, dan aktifitas pembelajaran di Pare.

BERITA REKOMENDASI