PPM UMY Beri Pelatihan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) melakukan aktivitas peningkatan kompetensi dalam hal mengajar Bahasa Arab dengan desain media pembelajaran yang interaktif. Pelatihan diberikan kepada relawan Rumah Gaca Kecamatan Kraton Yogyakarta mulai Januari – Februari 2020.

Ketua Tim PPM Muhammadiyah, Erma Febriani SPd MEd yang juga Dosen Pendidikan Bahasa Arah, Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar Bahasa Arab pada diri anak-anak dan kompetensi relawan Gaca,” kata Erma Febriani. Kegiatan diikuti 21 peserta yang terdiri 4 relawan dan 17 anak-anak Rumah Gaca Kraton.

Latar belakang relawan sendiri berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga, Guru PAUD, Guru SMP dan Dosen. Sedang, anak-anak Rumah Gaca, Kraton pada tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.  Erma Febriani yang juga narasumber dalam pelatihan tersebut memberikan pengenalan dan penggunaan macam-macam media pembelajaran Bahasa Arab seperti  media Bingo, Scrabble, bernyanyi dan pohon cita-cita. Dalam kegiatan ini pengabdi mendesain pohon cita-cita berbahasa Arab sebagai media pembelajaran yang digunakan

“Pembelajaran Bahasa Arab sebagai penunjang untuk mendalami  agama dan melahirkan remaja-remaja yang berakhlak mulia, taat ibadah, memahami dan mengamalkan Al Quran, sehingga sangatlah penting pengenalan dan pemahaman Bahasa Arab dimulai sejak dini,” papar Erma.

Pembelajaran atau pengenalan Bahasa Arab bersama dengan 2 Mahasiswi USIM juga dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan motivasi pada relawan dan anak-anak Rumah Gaca Kraton untuk lebih semangat dalam mengenal Bahasa Arab.

“Relawan dan anak-anak Rumah Gaca Kraton sangat antusias dan merasa puas dalam pelaksanaan pengabdian yang sesuai dengan yang diharapkan,” kata Ny Siti Roikhanah selaku Ketua Rumah Gaca Kraton yang berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan terus berkelanjutan, sehingga dapat bersinergi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran Bahasa Asing/Arab. (*)

BERITA REKOMENDASI