Prodi FKM UAD Berkolaborasi dengan Prodi Fisika UAD Sosialisasi Kader Kesehatan Tempel Caturtunggal

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Novel Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan permasalahan kesehatan yang belum usai sampai dengan 2 tahun ini, bahkan dalam perkembangannya mutasi Covid-19 semakin mengkhawatirkan di berbagai Negara di Dunia. Di Indonesia sendiri kasus Covid-19 juga semakin meningkat.

Tidak terkecuali di Padukuhan Tempel Caturtunggal Depok Sleman yang kasus Covid-19 meningkat tajam. Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Dosen Fisika UAD berinisiasi kolaborasi lintas bidang dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi tim pengabdian ini adalah sosialisasi gejala Covid-19 dan Pelatihan Penggunaan Pulse Oxymeter dan Themometer Gun untuk para kader kesehatan Padukuhan Caturtunggal, Depok, Sleman.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung di Pendopo Ampta STP AMPTA pada tanggal 16 Juni 2021 pukul 13.00 WIB. Berdasarkan Bapak Subhan Zul Ardi, S.K.M., M.Sc selaku Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat mengatakan bahwa, penyegaran kembali mengenai gejala COVID 19 dan pekembangan mutasi COVID 19 untuk para Kader Kesehatan sangat diperlukan supaya dapat menyampaikan ke masyarakat agar tidak kendor dalam penerapan 5M.

“Selain itu, Padukuhan Tempel Caturtunggal, Depok, Sleman berada pada zona merah. Disamping itu, berdasarkan keterangan kader, belum ada sosialisasi terkait COVID selama masa pandemi,” ujarnya.

Kemudian tinjauan Qonitatul Hidayah, S.Si., M.Sc mengatakan bahwa, beberapa pengetahuan dasar tentang penggunaan pulse oxymeter dan thermometer gun sangat diperlukan untuk memantau kondisi kesehatan bagi para pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri.

“Pelatihan terhadap kader kesehatan ini bertujuan agar para kader tidak hanya dapat menggunakan pulse oxymeter dan thermometer gun secara baik dan benar, tetapi juga dapat mengidentifikasi penggunaan kedua alat tersebut ketika ada kemungkinan masalah,” ungkapnya.

Selaku Ketua kader kesehatan, Sri Riningsih, berterima kasih atas terselenggaranya sosialisasi dan pelatihan untuk para kader kesehatan di padukuhan Tempel, Caturtunggal Depok Sleman.

“Semoga kerjasama kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat berlanjut dan berkesinambungan di bidang lainnya. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Subhan Zul Ardi dan Ibu Qonitatul Hidayah yang bersedia membantu ibu-ibu kader kesehatan,“ paparnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diakhiri dengan serah terima Pulse Oxymeter dan Thermometer gun sebagai bantuan untuk pemantauan kesehatan bagi para pasien Covid-19 dari Tim Pengabdian Masyarakat yang diwakili oleh Ibu Qonitatul Hidayah kepada Perwakilan dari Ketua Kader Kesehatan Padukuhan Tempel yaitu Sri RIningsih, A.md Keb. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI