Prodi Informatika Unriyo Sambut Mahasiswa Baru

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prodi Informatika Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mengelar penyambutan mahasiswa baru, Rabu (15/09/2021). Kegiatan ini digelar secara virtual dan diikuti seluruh mahasiswa baru yang disiarkan langsung dari Kampus I Unriyo di Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta.

Ketua Prodi Informatika Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Unriyo, I Wayan Ordiyasa SKom MT menyampaikan penyambutan ini telah tahun ke dua dilaksanakan selama masa pandemi. Karena berbagai keterbatasan untuk melakukan tatap muka, maka kegiatan bagi mahasiswa baru ini dilaksanakan secara virtual tanpa mengurangi sakralnya proses penyambutan.

“Dalam kondisi normal penyambutan kami laksanakan secara langsung. Namun dalam situasi seperti sekarang ini, penyambutan secara virtual merupakan yang paling tepat untuk dilakukan dan tetap dapat diikuti oleh para mahasiswa baru untuk mengenal prodi maupun kampusnya,” kata I Wayan Ordiyasa.

Ia menambahkan tema yang diangakat dalam penyambutan kali ini yakni “Informatika Mudah Siap Belajar di Segala Situasi’. Ini menunjukkan Prodi Informatika Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Unriyo siap melaksanakan proses perkuliahan tanpa terhalang oleh pandemi Covid-19 yang berkepanjanan ini.

Namun dijelaskannya, perkuliahan yang nantinya dilaksanakan tetap akan mengacu pada penerapan protokol kesehan (prokes) dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Salah satunya yakni pelaksanaan perkuliahan secara darin maupun luring yang mendesak untuk segera dilakukan.

“Karena informatika sifatnya ilmu praktis, jadi ada hal-hal yang harus dipraktekan. Karena itu segera mungkin harus dilaksanakan secara luring. Kalau teori masih memungkinkan untuk daring, tetapi jika praktek akan banyak keterbatasan jika tidak dilakukan secara luring,” tegasnya.

I Wayan Ordiyasa mengatakan untuk perkuliahan secara luring tentunya mahasiswa sudah harus berada di Yogya. Pihak kampus memberikan peraturan bagi mahasiswa yang akan memulai perkuliahan dan sudah berada di Yogya harus sudah menjalani vaksinasi minimal tahap pertama.

“Bagi mereka yang belum vaksinasi pertama, akan kami vasilitasi. Bagi yang sudah vaksin pertama dan akan tahap kedua juga akan kami vasilitasi. Jadi nantinya saat kuliah dimulai baik dari dosen, karyawan maupun mahasiswa seluruhnya telah mengantongi sertivikat vaksinasi,” jelasnya.

Kepala Biro Admisi dan Promosi Unriyo, Farida Nuraini ST MT menambahkan pendaftaran mahasiswa baru masih terbuka hingga 18 Oktober mendatang. Hingga kini sebanyak 700 mahasiswa telah terdaftar dan diperkirakan jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring dengan batas waktu pendaftaran.

“Untuk kuota saat ini tetap tersedia dan masih menerima mahasiswa baru. Perkuliahan perdana akan dimulai pada 25 Oktober mendatang,” terang Farida Nuraini.

Ia mengungkapkan Fakultas Kesehatan merupakan fakultas dengan animo pendaftar paling banyak sejauh ini. Sedangkan mahasiswa yang mendaftar di Unriyo sejauh ini terdata hampir merata berasal dari seluruh pulau tanah air.

Sementara itu mahasiswa baru Unriyo asal Kabupaten Malaka Kota Betun Nusa Tenggara Timur (NTT), Noldiyanus Enggimau mengaku memilih kuliah di Prodi Informatika Unriyo untuk meneruskan jenjang studinya. Ia ingin menjadi ahli bidang informatika yang belum banyak dikuasai oleh para lulusan sarjana di derahnya.

“Informatika itu terus berkembang seiring dengan zaman, sehingga tenaga dalam hal ini akan sangat dibutuhkan. Setelah mendapat ilmu dan nantinya lulus saya akan kembali ke Malaka untuk membangun daerah agar lebih maju,” kata Noldiyanus Enggimau didampingi mahasiswa baru lainnya, Hendiati Venivamoloko asal Atambua NTT. (Van)

BERITA REKOMENDASI