Prof Nizam Ingatkan PT Adaptif dan Bermitra dengan Industri

SLEMAN, KRJOGJA.com – Plt. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, yaitu Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng Sabtu (30/10) mengunjungi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), untuk memberikan pengarahan dan pencerahan secara langsung, kepada seluruh dosen UTY tentang “perubahan paradigma tenaga pendidik sebagai dampak adanya perubahan lingkungan”. Kegiatan ini telah terlaksana di Kampus 1 UTY secara luring terbatas, dan juga dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.

Dalam penyampaiannya, Nizam menekankan bahwa perguruan tinggi harus adaptif, dengan berbagai perubahan lingkungan dan teknologi saat ini. Perguruan tinggi harus senantiasa untuk melakukan berbagai evaluasi perbaikan, terutama mengenai kurikulum dan proses belajar mengajar, agar kedepannya perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, sesuai yang dibutuhkan oleh industri.

“Perguruan tinggi harus dapat bermitra sebanyak mungkin dengan berbagai industri. Hal ini menjadi penting, karena dengan bermitra dengan para pelaku industri tersebut, akan memberikan input yang luar biasa bermanfaat bagi perguruan tinggi, untuk menangkap berbagai kebutuhan industri, baik dari sisi kualitas SDM yang dibutuhkan, hingga riset untuk menghasilkan berbagai inovasi, yang dapat menyelesaikan setiap masalah yang muncul di industri. Selain itu, perguruan tinggi harus mampu keluar dari zona nyaman, dengan melakukan kolaborasi dengan industri, untuk melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat, yang orientasinya mengenai daya saing bangsa. Maka dari itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada UTY, yang turut memperhatikan hal tersebut, seperti telah diterapkannya kurikulum kampus merdeka sejak tahun lalu di lingkungan UTY, sehingga kedepannya setiap mahasiswa UTY, akan semakin banyak berinteraksi secara langsung dengan industri, guna meningkatkan ilmu dan pengalamannya” ucap Nizam dalam pemaparannya.

Mengakhiri pemaparannya, Nizam turut menjelaskan bahwa, dengan berbagai perubahan lingkungan saat ini, maka akan terjadi perubahan peran dari setiap tenaga pendidik, khususnya di level Perguruan Tinggi. Setiap tenaga pendidik kedepannya, harus mampu melihat dengan cermat potensi setiap mahasiswanya, menginspirasi dan memotivasi, serta proses belajar mengajar harus disesuaikan dengan berbagai perubahan lingkungan dan teknologi saat ini. Agar mahasiswa tersebut tidak tersesat dan berkualitas sesuai dengan harapannya.

Sementara itu, Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa, UTY senantiasa melakukan evaluasi secara terus menerus, mengikuti perkembangan lingkungan dan prediksi masa depan, agar mampu menjadi salah satu perguruan tinggi, yang dapat hasilkan lulusan yang berkualitas, sesuai dengan eranya serta dibutuhkan oleh bangsa dan negara. (*)

BERITA REKOMENDASI