Promosi Kesehatan Pengendalian DBD di Rumah Aja

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pada masa pandemi Covid 19 ini Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan pengabdian masyarakat (PPM) dengan judul ‘Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Rumah Aja” di Wilayah Kerja Puskesmas Gamping 1 Sleman. PPM ini merupakan hasil kerjasama antara UAD dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping dan Puskesmas Gamping 1 Sleman Yogyakarta.

Pelaksanaan PPM dilakukan secara online melalui media social dan media online pada tanggal 14-16 Juni 2021 karena kondisi pandemi Covid 19 yang belum memungkinkan untuk pertemuan secara luring. PPM ini diusung oleh Tri Wahyuni Sukesi, S.Si.,MPH., Dr. Surahma Asti Mulasari, S.Si.,M.Kes bersama dengan tim yang terdiri dari Sulistyawati, S.Si.,MPH., Dr. Fatwa Tentama, S.Psi.,M.Psi., Herman Yuliansyah, ST., M.Eng. dan Lu’lu’ Nafiati, SE., M.Sc. Peserta yang hadir dalam PPM ini adalah kader jumantik di wilayah kerja Puskesmas Gamping 1 Sleman Yogyakarta.

Tema PPM ini dipilih untuk menggiatkan kembali peran masyarakat dalam upaya pengendalian DBD di rumah saja saat pandemic Covid 19. Selama pandemi Covid 19 masyarakat dan tim kesehatan fokus dalam penanganan dan pencegahan Covid 19, di lain sisi ternyata kasus DBD mengalami kenaikan jumlah kasusnya.

“Hal ini harus tetap menjadi kepedulian bersama bahwa penanganan pandemi dan penanganan DBD harus terus berjalan. Kegiatan kader jumantik juga terhenti selama pendemi Covid 19, menunjukkan bahwa pengendalian DBD tidak hanya menjadi tanggung jawab kader jumantik dan tenaga Kesehatan saja, tetapi peran masyarakat sangat diperlukan,” kata Tri Wahyuni Sukesi.

Kader jumantik diberikan video promosi Kesehatan tentang pengendalian DBD yang bisa dilakukan di rumah seperti mengelola sampah khususnya sampah anorganik yang saat turun hujan dapat menampung air bersih dan berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Sampah dari botol bekas, kaleng bekas, kemasan kemasan plastik, kresek dan lain sebagainya diubah menjadi ovitrap (alat perangkap telur nyamuk) dan membersihkan tempat tempat yang potensial menjadi tempat nyamuk bertelur.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini kader jumantik lebih mudah mengingatkan kembali peran masyarakat dalam mengendalikan DBD di rumah saja dengan membagikan video promosi Kesehatan pengendalian DBD di rumah saja. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI