PSK3 UAD Selenggarakan Online Training Basic Safety Bagi Siswa SMA/SMK

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76, Pusat Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PSK3) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Online Training Basic Safety gratis bagi tamatan dan siswa SMA/SMK sederajat.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis 19 Agustus 2021 pukul 19.00-21.00 WIB yang dihadiri sebanyak 73 peserta. Adapun narasumber Online Training Basic Safety ini Widianto Kurniawan, S.T selaku Praktisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Machfudz Eko Arianto, S.KM., M.Sc selaku Ketua PSK3 UAD. Machfudz menuturkan, Program Online Training Basic Safety ini merupakan salah satu program PSK3 yang diadakan di bulan agustus dalam rangka memperingati HUT ke-76 kemerdekaan RI.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali tamatan dan siswa SMA/SMK sederajat yang ingin terjun ke dunia kerja/ industri. “Training Basic Safety yang didapatkan siswa akan berguna kelak di dunia kerja,” ujarnya.

Sebab, tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan kemampuan K3 yang baik akan dapat mencegah kecelakaan kerja, dan bisa mengembangkan budaya K3. Mampu memahami ancaman dan bahaya di tempat kerja, dan mampu melakukan langkah pencegahan kecelakaan kerja.

Dan, apabila K3 terlaksana dengan baik maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan. “Biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari sehingga terciptalah suasana kerja yang aman, nyaman, sehatz dan dapat meningkatkan produktivitas kerja,” ungkap kepala PSK3 UAD ini.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Widianto Kurniawan, S.T. yang menyampaikan secara detail makna dari Lambang Keselamatan dan Kesehata Kerja; Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja; Tujuan dari penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja; dan Bahaya, Risiko, dan Pengendaliannya di tempat kerja.

Kemudian dijelaskan juga Makna dari Rambu, Label, dan Warna di tempat kerja; Tahapan Kebakaran beserta Metode Pemadaman Kebakaran menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR); dan Budaya 5R/Housekeeping di tempat kerja.

Training dipandu oleh Ariska Dian selaku MC sekaligus moderator dan peserta difasilitasi, free E-Sertifikat, Materi, dan record zoom. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta Online Training Basic Safety. (*)

BERITA REKOMENDASI