Puan:  Jangan Ada Pungutan Dana Beasiswa KIP Kuliah

YOGYA (KR) – Ketua DPR RI Puan Maharani mewanti-wanti kepada para penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk sungguh-sungguh dalam menempuh studinya dengan baik. Sehingga tidak hanya membanggakan orang tua, juga dapat menjadi generasi yang lebih baik.

“Kini kesulitan pembiayaan sudah tidak ada. Tidak berpikir beban biaya lagi, karena ada beasiswa KIP Kuliah. Karena itu, potensi diri untuk mengejar cita-cita harus dapat diwujudkan dengan kuliah yang sungguh-sungguh,” ujar Puan Maharani di tengah acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di RM Banyu Mili, Kamis (11/11).

Dalam kesempatan itu, Puan meminta para penerima beasiswa, agar melaporkan kepadanya, jika terjadi ketidaklancaran dalam proses pencairan, hingga adanya potongan yang tidak benar oleh oknum, termasuk dari pihak yang mengaku berjasa mencarikan beasiswa. “Lapor ke saya, melalui Bu Esti (My Esti Wijayati, anggota Komisi X DPR RI),” ujarnya.

Dalam acara itu, selain Esti Wijayati, juga dihadiri anggota DPR RI lainnya, yakni HM Idham Samawi, Sudin, Ketua DPRD DIY Nuryadi, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Wakil Bupati  Bantul Joko Purnomo.  Usai acara, dilakukan penyerahan bantuan mobil perpustakaan keliling kepada Pemkab Bantul.

Dalam kesempatan itu, putri Megawati Soekarnoputri melakukan tanya jawab dengan penerima beasiswa. Tanya jawab terkait dengan pelaksanaan 4 pilar, yakni Pancalisa, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Salah satu peserta, Cahyono dari Universitas Widya Mataram  menilai, keberadaan 4 pilar tersebut dirasa sangat penting, untuk menjaga keutuhan negara dan dalam kehidupan berbangsa. Terlebih Indonesia merupakan negara besar, yang terdiri dari banyak suku, pulau dan wilayah yang sangat luas.

Menambahkan pernyataan Puan, Esti mengemukakan, saat ini pihaknya mendapatkan laporan adanya oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab melakukan potongan atau pungutan liar dana beasiswa KIP Kuliah. Oknum tersebut merasa berjasa dalam mendapatkan beasiswa. “Jika ada yang mengaku dari tim kami yang meminta bagian, tolong laporkan ke saya,” ujar Esti.

Esti berharap dana beasiswa yang diperolah dapat digunakan dengan baik, untuk melanjutkan studi dan mempertahankan prestasi yang selama ini diraih.  Sehingga nantinya betul-betul bermanfaat.  (Jon)

 

BERITA REKOMENDASI