Webinar Pengda RJI DIY dan Universitas Alma Ata, Perlu Pemahaman Penulisan Publikasi Artikel Ilmiah

user
danar 28 Maret 2022, 13:59 WIB
untitled

WEBINAR Nasional secara Daring terkait dengan Literasi Jurnal bagi Pengelola Jurnal Ilmiah dan Authors telah diselenggarakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Universitas Alma Ata (UAA) melalui Inpharnmed Journal Farmasi pada Rabu (09/03/2022). Kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting dan disiarkan secara live streaming melalui youtube Channel RJI. Topik yang diusung pada kegiatan ini adalah Literasi jurnal dengan judul webinar adalah “Pentingnya Literasi Digital dan Pemahaman Tata Cara Penulisan Publikasi Artikel Imiah”. Kegiatan ini dibuka oleh Sambutan ketua panitia pelaksana apt. Nurul Kusumawardani, M. Farm dan perwakilan Pengurus Daerah RJI DIY dengan Master of Ceremony Ns. Raden Jaka Sarwadhamana, S.Kep., M.P.H. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Veriani Aprilia, M.Sc. sebagai Kepala Alma Ata University Press.

Kegiatan Workshop Literasi Jurnal mengundang dua narasumber Fasilitator dari RJI Academy yaitu Helmi Suyanto, S.Ag. dengan Topik Article Template bagi Pengelola Jurnal dan Penulis Artikel. Selain itu juga mengundang narasumber yang merupakan Dosen S1 Farmasi Universitas Alma Ata Dr. Muhammad Abdurrahman Munir, M. Sc. dengan topik Tatacara Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal Terindeks SINTA dan Internasional (Scopus/Web of Science).

Kegiatan Workshop Literasi Jurnal ini diikuti sebanyak 438 peserta dengan rincian 100 peserta mengikuti melalui Zoom meeting dan 338 peserta mengikuti melalui Youtube Channel RJI, termasuk dengan panitia penyelenggara dan narasumber. Kegiatan penyelenggaraan Workshop Literasi Jurnal ditujukan untuk membantu meningkatkan kuliatas jurnal ilmiah melalui pemahaman mulai dari penyusunan template article ilmiah dan bagaimana tatacara penulisan yang baik bagi reviewer dan author jurnal.

Pentingnya adanya penyuluhan, pelatihan/pendampingan dalam pengelolaan jurnal dan penulisan artikel ilimiah sangat diperlukan bagi sivitas academika di lingkungan perguruan tinggi. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh RJI melalui program RJI Academy yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah secara baik dan berkualitas. Hal ini akan diperlukan karena kemudian hasil artikel tersebut harus disebarluaskan baik dalam bidang Pendidikan, Industi, Lembaga masyarakat, maupun Masyarakat luas sehingga bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sesuai dengan bidang topik yang diusung. Selain itu, “Salah satu indikasi kemajuan sebuah Lembaga Perguruan Tinggi adalah dengan adanya penelitian aktif oleh para dosen dan mahasiswa yang berhasil dipublikasikan melalui jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.”

Poin penting yang disampaikan oleh Helmi Suyanto, S.Ag. dengan Topik Layout (Full-text) Jurnal Bereputasi Penyusunan Template Artikel antara lain adalah Prinsip dasar layout jurnal mengacu pada “Principles of Transparency and Best Practice in Scholarly Publishing”. Dalam melakukan layout artikel dapat mengoptimalisasi MsWord dalam Layout Full text Jurnal. Komponen fulltext Unsur-unsul Layout Artikel didalam suatu artikel hendaknya meliputi antara lain: Header, Judul Artikel, Author, Afiliasi, Kepala Abstrak, Konten Abstrak, Kata Kunci, Copyright & Licensing, Sub Judul, Konten, Kutipan, Daftar Pustaka, dan Footer.

Selain itu, dalam publikasi karya ilmiah dalam jurnal tidak hanya berfokus pada template article saja, akan tetapi kaidah dalam penulisannya harus diperhatikan. Berdasarkan pemateri kedua oleh Dr. Muhammad Abdurrahman Munir, M. Sc. dengan topik Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal Terindeks SINTA dan Internasional (Scopus/Web of Science), antara lain adalah prasyarat mutlak yang harus dipenuhi oleh author dalam melakukan publikasi artikel dalam jurnal bereputasi adalah adanya penelitian yang dirancang dan dilakukan dengan baik dengan hasil yang sudah dianalisis, kemudian ditabulasikan dan diilustrasikan dengan baik, dan telah dipahami dan dikuasai dengan baik, dan yang telah mempunyai simpulan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Artikel Ilmiah adalah Ukuran dan Jenis Kertas, Spasi, Penomoran Halaman, Jumlah Baris Per Halaman, Margin Penomoran Setiap Baris Tulisan, Penulisan Halaman Judul, dan Penulisan Badan Artikel. Dalam penulisan pembahasan dalam artikel hendaknya ditulis sedemikian rupa sehingga jelas terlihat perbedaan antara hasil penelitian yang sedang dilaporkan dan hasil penelitian rujukan pustaka.

Berdasarkan pemaparan kedua narasumber dalam kegiatan Webinar Literasi Jurnal ini, dapat diketahui bahwa dalam penulisan artikel ilmiah dan pengelolaan jurnal ilmiah memerlukan pengalaman dan literasi yang baik. Oleh karena itu, adanya penyuluhan, pelatihan/pendampingan dalam pengelolaan jurnal dan penulisan artikel ilimiah sangat diperlukan bagi sivitas academika di lingkungan perguruan tinggi. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh RJI melalui program RJI Academy yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah secara baik dan berkualitas. Hal ini akan diperlukan karena kemudian hasil artikel tersebut harus disebarluaskan baik dalam bidang Pendidikan, Industi, Lembaga masyarakat, maupun Masyarakat luas sehingga bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sesuai dengan bidang topik yang diusung. Selain itu, “Salah satu indikasi kemajuan sebuah Perguruan Tinggi adalah dengan adanya penelitian aktif oleh para dosen yang dipublikasi melalui jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.” (apt. Nurul Kusumawardani, M. Farm)

Kredit

Bagikan