Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Universitas Alma Ata

user
danar 29 Desember 2021, 08:40 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Universitas Alma Ata (UAA) termasuk perguruan tinggi yang telah menyelenggarakan program MBKM sejak tahun 2020. Kebijakan MBKM secara umum memberikan hak belajar bagi mahasiswa program sarjana selama tiga semester di luar program studi.

Kebijakan MBKM dimaksudkan untuk pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran pada program studi (prodi) di perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar. Mahasiswa dapat pula mengikuti proses pembelajaran untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar di prodi dan sisanya di luar prodi.

Kebijakan pelaksanaan MBKM di UAA secara khusus tertuang dalam Surat Keputusan Rektor, dimana mahasiswa maupun dosen terlibat langsung dalam kegiatan MBKM. Beberapa program MBKM yang telah dilaksanakan mahasiswa antara lain pertukaran pelajar, magang, kampus mengajar, riset, proyek kemanusiaan, proyek desa, wirausaha, studi independen, dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Dosen mengikuti beberapa kegiatan di antaranya pengembangan kompetensi melalui sertifikasi, magang dan asistensi mengajar. Evaluasi pelaksanaan MBKM terus dilakukan baik di tingkat prodi, fakultas maupun perguruan tinggi. Melalui diskusi kelompok terarah, UAA mengadakan evaluasi respon

mahasiswa, dosen serta tenaga kependidikan.

Menurut tim penelitian diketahui bahwa hasil evaluasi menunjukkan kegiatan MBKM harus terus disosialisasikan agar jumlah mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak, dan pada akhirnya kegiatan ini dapat terus mendukung terselenggaranya tridharma perguruan tinggi. Selain itu, diharapkan perguruan tinggi dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal.(*)

Credits

Bagikan