Edukasi 'Catin' di Argodadi, Mahasiswa S1 Kebidanan UAA Kawal Persiapan Kehamilan

user
danar 28 Desember 2021, 10:30 WIB
untitled

CATIN istilah lain Calon Pengantin merupakan fase awal proses reproduksi yang berkelanjutan. Kesehatan catin terutama perempuan akan menentukan kesehatan pada masa hamil, melahirkan hingga tumbuh kembang buah hati.

Sebagai calon tenaga kesehatan, mahasiswa S1 kebidanan UAA dibekali dengan ilmu kebidanan mengawal reproduksi perempuan sepanjang daur siklus kehidupan. Untuk mengimplementasikan ilmu kebidanan tersebut, mahasiswa Nirmala Sari dan Nisrina mahasiswa S1 kebidanan semester 5 berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat mendampingi catin. Pengabdian masayarakat ini dilakukan di Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu, Bantul.

"Kegiatan pendampingan catin ini, dilakukan melalui kunjungan rumah catin di wilayah ini. Kami melakukan pemeriksaan screening kesehatan reproduksi catin sebagai bagian dari kesiapan catin dalam mepersiapakn diri dalam fase kehamilan sehat. Adapun pemeriksaan yang dilakukan terhadap catin diantaranya tekanan darah, kadar hemoglobin dan LILA," jelas Nirmala Sari, Sabtu (18/12/2021).

Tujuan dari kegiatan pendampingan ini, mahasiswa berkontribusi dalam screening kesehatan catin, melalui pemeriksaan ini akan didapatkan hasil kesiapan kesehatan reproduksi bagi catin. Selain melakukan pemeriksaan, Nirmala sapaannya memberikan edukasi kesehatan tentang hal yang harus dipersiapkan catin agar kelak ketika hamil, ibu sehat dan siap melahirkan bayi sehat tumbuh kembang sesuai dengan usia bayi.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif oleh pemerintah setempat dan tentunya oleh catin. Catin merasakan ada tambahan pengetahuan terkait dengan persiapan diri nya dalam kehamilan. "Melalui kegiatan pendampingan ini, catin menjadi lebih siap secara fisik dan psikologis dalam bereproduksi sehat. Tidak hanya persiapan perta pernikahan saja, namun ternyata periapan kehamilan lebih penting dan harus dipersiapkan sejak sekarang," imbuh Nisrina.(*)

Credits

Bagikan