Optimalisasi SDM Unggul dan Bermutu Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Era Disrupsi

user
danar 13 Desember 2021, 22:10 WIB
untitled

DI ERA distrupsi saat ini sangat diutamakan peningkatan mutu dalam pelayanan kesehatan. Dengan perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat akan pelayanan rumah sakit begitu meningkat, bukan hanya sarana dan prasarana yang diunggulkan akan tetapi mutu layanan yang diutamakan peningkatan kualitas SDM yang unggul sangat diperlukan.

Menjawab fenoma ini Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, melalui Himpunan Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit (HIMARS) menyelenggaraka event seminar dan symposiumNasionalyang bertemakan “Optimalisasi SDM Unggul dan Bermutu pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Era Disrupsi” dengan mengundang 3 narasumber dari akademisi dan praktisi yang profesional di bidangnya.

Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu, 11 Desember 2021, secara daring melalui platform Zoominar yang di hadiri oleh 239 peserta dari berbagi tempat. Narasumber pertama berasal dari bidang akademisi dan peneliti Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) UGM yaitu Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS., Fisqua yang menjelaskan tentang pentingnya peran optimalisasi SDM dalam akreditasi Rumah sakit.

Pembicara kedua berasal dari praktisioner yaitu dr Alida Lenawati M.Kes, sekaligus sebagai direktur RS YAP Yogyakarta dan Asesor komisi Akreditasi Rumah sakit (KARS), menyampaikan bahwa, akreditasi merupakan tolak ukur dari suatu kulaitas pelayanan yang di berikan kepada masyarakat, Rumah sakit perlu menyediakan layanan yang bermutu dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat dalam menfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan.

Dr. Chairul Anwar M.Kes selaku asesor akreditasi FKTP dan pembicara ketiga juga menyampaikan baru 70 persen FKTP yang melakukan pengukuran mutu, sehingga ini menjadi tantangan bagi SDM untuk memberikan pelayanan yang bermutu. Dalam meningkatkan mutu Fasyankes maka Strategi yang bisa dilakukan pimpinan FKTP dan Rumah Sakit dengan mengajak seluruh SDM untuk meningkatkan mutu dan budaya keselamatan pasien secara besamnan dan berkelanjutan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta seminar baik akademisi maupun praktisi dalam menciptakan SDM unggul dan Bermutu pada fasilitas Pelayanan Kesehatan. Tentunya memahami strategi dalam menghadapi akreditasi sangat penting diperlukan bagi semua instansi yang terlibat dalam upaya meningkatkan mutu disetiap pelayanan kesehatan," jelas Ketua Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Fatma Siti Fatimah, S.Kep .,Ns .,MMR. (*)

Credits

Bagikan