Wisata Bangkit Padukan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi

user
Ary B Prass 25 Oktober 2021, 11:57 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Seminar Nasional Online Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Sabtu (23/10/2021). Seminar bertema 'Peran Perguruan Tinggi (PT) dalam Meningkatkan Kapasitas Masyarakat di Era Pandemi' dibuka oleh Rusydi Umar PhD selaku Wakil Rektor UAD.

Dalam kesempatan itu, Anton Yudhana ST MT PhD selaku Ketua LPPM-UAD memberi pengantar dan Keynote Speacker disampaikan Dr Sandiaga Salahudin Uno - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diwakili Dra Ni Wayan Giri Adyani MSc CHI.

Anton Yudhana menyebutkan, seminar menghadirkan narasumber Muhammad Sabeth Abilawa SE ME (Direktur Utama PP Lazismu Muhammadiyah), Dr Suyadi MPdI (dosen UAD) dengan moderator Beni Suhendra Winarso SE MSi. Materi yang disampaikan soal membangun koherensi PT, Pemerintah, masyarakat dalam peningkatan kapasitas masyarakat di era pandemi. Selain itu, peran PT dalam pemberdayaan antikorupsi pada masyarakat di era pandemi.

Dra Ni Wayan Giri Adyani dalam sambutan antara lain mengatakan, pandemi dunia industri pariwisata harus bangkit dengan inovasi, adaptasi dan berkolaborasi sesuai potensi setempat.

Tentu, adanya pandemi tetap memperhatikan kebersihan dan kenyaman. Harapannya, bangga berwisata di Indonesia. Cara itu bisa dilakukan dengan melibatkan stakeholder atau semua pihak dengan pola kerja gerak cepat, geber dan gaspol.

Ditegaskan, industri pariwisata - kreatif sebenarnya dari ide, gagasan yang benar-benar kreatif dari anak muda. "Industri pariwisata kreatif tidak sebatas untuk kepentingan pariwisata, tetapi untuk kehidupan masyarakat, rasa bangga tanah air. "Untuk itu butuh peran serta perguruan tinggi dengan edukasi serta keilmuan yang dimiliki." ujarnya. (Jay)

Credits

Bagikan