Pandemi Belum Usai, Mahasiswa UNY Kembangkan Media Pembelajaran

user
danar 24 Oktober 2021, 08:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan program kegiatan masyarakat berupa pelatihan media pembelajaran aplikasi digital di masa pandemi.

Aplikasi tersebut berbasis Augmenter Reality yang diberi nama PIN.AR. PIN.AR merupakan akronim dari 'Pintar dan Augmeneted Reality'. Aplikasi ini telah digunakan oleh mitra tim, yakni SDN Tegalmulyo.

Tim yang dibimbing oleh Ariadie Chandra Nugraha ST., MT. ini berjumlah lima orang, yakni Kemal Hakim Bachmid prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Khasanah Rahmawati prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Nadila Putri prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Alifah Raihan Nur Hasanah prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Faishal Aziz Rahmat prodi Pendidikan Teknik Mekatronika. Aplikasi berbasis marker-based ini dapat diunduh dengan minimal OS android 4.4 Kitkat dan maksimal 11.0 Redvelvet.

“Media ini sangat menjawab tantangan di masa pandemi ini yang sangat dikeluhkan oleh orang tua adalah paket kouta. Aplikasi PIN.AR ini menjadi solusi bagi anak-anak kami agar dapat belajar tanpa paket data, menyenangkan, dan bisa menimba ilmu dengan apliksi ini secara gratis. Caranya tinggal menscan marker pada buku panduan dan anak-anak dapat belajar dengan senang hati,” ucap Maryati selaku kepala sekolah SDN Tegalmulyo.

Senada dengan pernyataan tersebut, Suratman selaku guru kelas mengatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu dan mendukung guru dalam menyampaikan materi.

Kemal Hakim menuturkan, aplikasi ini dapat dijadikan salah satu media pembelajaran interaktif dan menarik di masa pandemi maupun pasca pandemi. Adapun materi yang ada dalam aplikasi PIN.AR ini ialah materi tematik siswa kelas 5 sekolah dasar.

“Metode pelaksanaan program ini ialah penyusunan panduan penggunaan program, pembuatan program, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, implementasi pembelajaran, pelaporan, serta evaluasi," ucap Khasanah selaku anggota.

Nadila mengatakan bahwa aplikasi PIN.AR ini sudah didemonstrasikan dan digunakan oleh pihak mitra, SDN Tegalrejo, pada jenjang kelas 5 SD. “Tim mahasiswa UNY memberikan angket kepada siswa berupa pemahaman materi pembelajaran, tingkat kesenangan penggunaan aplikasi, serta minat penggunaan PIN.AR.”

Hasil yang didapatkan ialah terjadinya peningkatan dari ketiga instrumen tersebut, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran meningkat. “Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media punjang buku pembelajaran di sekolah yang dikemas menggunakan visualisasi gambar 3D serta video pembelajaran agar dapat memudahkan pemahaman peserta didik,” ucap Alifah.

Faishal menambahkan, saat ini aplikasi di desain untuk pembelajaran tematik kelas V sesuai dengan kebutuhan mitra. Akan tetapi, aplikasi ini dapat dimungkinkan untuk terus dikembangkan tak hanya di sekolah mitra, tetapi juga di sekolah-sekolah lain dengan jenjang yang berbeda.

Harapannya, media aplikasi ini dapat terus dikembangkan dan digunakan dalam bidang Pendidikan.

Karya mahasiswa ini juga berhasil lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nsional (PIMNAS) yang akan dilaksanakan secara daring pada akhir Oktober mendatang.(*)

Credits

Bagikan