Membangun Kesadaran Keamanan Informasi di Internet, Prodi Sitem Informasi UAA Gelar Webinar

user
danar 15 Oktober 2021, 01:10 WIB
untitled

SLEMAN , KRJOGJA.com - Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta sukses mengadakan webinar pengabdian masyarakat melalui zoom dengan topik security awareness: belajar security dari own device "Membangun Kesadaran dan Kepedulian Keamanan Informasi di Internet".

Kegiatan tersebut diisi oleh pembicara I yaitu Thata Apriatin, S.T., M.Kom. selaku ICT Security Management Telkomsel yang memberikan materi "Belajar Security dari Own Device" dan pembicara II yaitu Tri Rochmadi, M.Kom., CSCU. dosen S1 Sistem Informasi Universitas Alma Ata yang memberikan materi "Membangun Kesadaran dan Kepedulian Keamanan Informasi di Internet".

"Tujuan diadakan seminar pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kebijaksanaan dalam menggunakan internet, dengan melihat maraknya kasus penipuan internet yang ada saat ini. Bahwa kejahatan siber itu beragam dan yang butuh diperhatikan secara khusus adalah orang tua atau ibu-ibu, sehingga target peserta seminar ini adalah PKK kecamatan Minggir, Sleman, DI Yogyakarta," ujar Tri Rochmadi, M.Kom., CSCU.

Meskipun target khusus webinar tersebut adalah ibu-ibu PKK, namun dari topik seminar tersebut, ternyata mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari peserta umum. Tidak hanya ibu-ibu PKK Kecamatan Minggir yang menghadiri webinar, namun banyak juga peserta dari akademisi seperti dosen dan mahasiswa, bahkan banyak peserta seminar yang berdomisili diluar DIY seperti dari Sumatera sampai Papua. Tidak hanya itu, antusiasme peserta pun ternyata ada yang dari Sabah Malaysia dan Timor Leste.

"Diharapkan dengan materi ini, masyarakat mulai terbangun kepedulian dalam berinternet secara baik dan santun. Terlebih saat ini banyak penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab melalui dunia maya, sehingga masyarakat bisa mengatasinya," pungkas Thata Apriatin, S.T., M.Kom. (*)

Credits

Bagikan