Bersiap Vaksin 1600 Mahasiswa, UMBY Siapkan Skema Pembelajaran Tatap Muka

user
Ary B Prass 01 Oktober 2021, 15:59 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merayakan Dies Natalis ke-35, Jumat (1/10/2021). UMBY berikrar, memantapkan sociopreneur sebagai keunggulan kampus hingga kancah internasional dan kini bersiap menyambut perkuliahan tatap muka dengan antusias.

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah mengatakan seluruh elemen kampus kini terus berfokus mewujudkan universitas yang excellence di bidang enterpreneur serta membawa manfaat bagi sesama. Di era perubahan serba cepat ini, UMBY menurut Alimatus terus berusaha beradaptasi, berkembang dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk bertahan.

“Saat ini UMBY memiliki 11.322 mahasiswa dengan mahasiswa baru tahun 2020 mencapai 3.322 orang yang sekaligus menjadi rekor tertinggi. Kami terus berupaya menjawab tantangan dengan berbenah, menyesuaikan diri seperti menggunakan kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka. Kami berupaya agar mahasiswa bisa memaksimalkan potensi diri, hingga nantinya menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan jaman,” ungkap Alimatus dalam perayaan Dies Natalis di Gedung Rektorat UMBY.

Di sisi lain, kini UMBY juga tengah mempersiapkan diri untuk menyambut pembelajaran tatap muka apabila nantinya diputuskan oleh pemerintah pusat. Seluruh dosen dan karyawan disebutkan sudah menjalani vaksinasi sejak bulan Mei lalu dan kini kampus juga sedang mempersiapkan vaksinasi mahasiswa.

“Dalam waktu dekat, kami akan menggelar vaksinasi untuk mahasiswa. Dalam sistem sampai saat ini sudah 1.600 mahasiswa yang mendaftar. Kami menunggu stok vaksin, dan siap melaksanakan sebelum nantinya perkuliahan tatap muka,” sambung Rektor.

Sementara, Kepala Bagian Humas UMBY, Widarta menambahkan pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan pendataan dan pengecekan mahasiswa aktif yang nantinya akan kembali ke Yogyakarta untuk melaksanakan kuliah tatap muka. Seluruh mahasiswa akan dipastikan sudah menerima vaksin sebelum diperbolehkan mengikuti perkuliahan tatap muka.

“Untuk waktu perkuliahan tatap muka kita masih menanti dari pemerintah pusat melalui Dikti. Namun pada prinsipnya kami sudah siap, dosen dan karyawan sudah divaksin semua. Kini kita menunggu untuk memvaksin 1.600 mahasiswa. Mudah-mudahan secepatnya sehingga semua dipastikan aman,” tandas dia.

Perayaan Dies Natalis ke-35, UMBY sendiri dilaksanakan secara sederhana di kampus pusat Sedayu, Bantul. Sivitas akademika hadir secara daring sementara beberapa perwakilan hadir bersama pemangku pemerintahan setempat dengan menerapkan protokol kesehatan. (Fxh)

Credits

Bagikan