Terkait Nilai ASPD, Pemda DIY Lakukan Penyusunan Pergub PPDB

user
danar 24 Mei 2021, 11:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY sedang menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022. Dalam seleksi kali ini Disdikpora DIY akan memasukkan hasil ujian Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) sebagai salah satu indikator dalam seleksi PPDB. Namun untuk detailnya seperti apa saat ini Disdikpora DIY masih melakukan koordinasi dengan kementerian terkait berkaitan dengan hal itu.

"PPDB tahun ini tetap menggunakan sistem zonasi. Namun ketika kuota dalam sekolah membludak atau melebihi daya tampung maka akan digunakan seleksi dari hasil nilai ASPD. Saat ini Disdikpora DIY sedang menyusun atau mematangkan Pergub tentang PPDB. Kemarin ada ide dari Disdikpora DIY hasil ASPD dimanfaatkan sebagai salah satu indikator seleksi,"kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji beberapa waktu lalu.

Baskara Aji mengungkapkan, kendati nilai dari ASPD tidak mempengaruhi kelulusan siswa. Tapi ASPD sengaja dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemetaan kualitas sekolah. Sehingga sekolah bisa mengetahui sejauhmana capaian pembelajaran siswa dan bisa melakukan evaluasi terhadap berbagai persoalan yang kemungkinan masih ditemukan.

Selain itu karena PPDB masih dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 rencananya akan dilaksanakan secara online. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski begitu seandainya karena keterbatasan yang dimiliki atau ada kendala jaringan, sehingga terpaksa calon siswa harus datang ke sekolah, harus dibantu dan dilayani dengan baik.

"Mungkin ada beberapa yang terpaksa harus offline. Orang yang belum paham betul teknologi informasi untuk konsultasi harus datang, itu silakan saja boleh dan harus dilayani dengan baik," ungkapnya.(Ria)

Credits

Bagikan