Webinar Series UAA: Geliatkan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19

user
danar 29 April 2021, 14:20 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata (UAA) menggelar Webinar Internasional. Dalam Webinar yang menghadirkan akademisi,praktisi dan ekonom dari berbagai negara ini membahas terkait upaya menggeliatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19.

Rektor UAA,  Prof.DR. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.G.K didampingi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Defia Ifsantin Maula S.IP., M.B.A, Jumat (29/4) menuturkan webinar ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh UMKM sebagai penggerak perekonomian dan memberikan gambaran tentang sinkronisasi antara kebijakan pemerintah dan implementasinya, serta evaluasi atas kebijakan yang telah disusun.

Assoc Prof. DR. Norizatun Ismail Khan ( Teknologi MARA University, Malaysia) menuturkan hampir seluruh negara mengalami  permasalahan ekonomi akibat pandemi covid-19.

"Tantangan ini harus dihadapi UMKM maka untuk membangkitkan, pelaku UMKM hendaknya berkolaborasi dengan lembaga perbankan," jelasnya.

Sementara DR. Faizatul Hasliyanti Ghazali  dari Universiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSham) Malaysia menambahkan  pemerintah Malaysia menyadari bahwa UMKM yang ada di Malaysia memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian Malaysia, baik pada saat sebelum dan sesudah pandemi Covid-19.

“Selama pandemi covid-19 pemerintah Malaysia telah melakukan beberapa program untuk membantu UMKM di Malaysia untuk bangkit, seperti penangguhan pajak, subsidi upah kerja, melibatkan perusahaan untuk menjalankan CSR,dan masih banyak lagi. Namun untuk menilai program-program yang sedang dijalankan oleh pemerintah apakah sudah berjalan efektif atau belum, saat ini masih terlalu cepat” ujarnya.

Thanyalak Chuaiseng, pelaku UMKM dan Praktisi dalam bidang Pariwisata di Lanta Island Thailand menuturkan sejak pandemi Covid-19, kondisi bisnis pariwisata berubah drastis yang ditandai banyaknya toko souvenir dan oleh-oleh, restoran, pusat perbelanjaan tutup.

Atas fenomena ini pemerintah Thailand melakukan telah melakukan upaya yang luar biasa dengan banyaknya program stimulus dan CSR.

Meutia Layli, S.E., M.Ak, dosen Prodi Akuntansi UAA menegaskan keterlibatan pemerintah dalam menyelamatkan UMKM sangat penting. Kebijakan penangguhan pajak yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia memiliki kontribusi yang positif atas usaha yang dijalankan oleh pelaku UMKM di masa pandemi. Acara webinar dihadiri lebih dari 700 peserta termasuk partisipan dari luar negeri. (Aje)

Kredit

Bagikan