Pemetaan Sebaran dan Pelatihan Kader Pendamping Penyintas COVID-19

user
tomi 14 April 2021, 17:25 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Puskesmas Bantul 1 pada 5 Maret 2021. KKN dibawah bimbingan Dr Lilis Suryani M.Kes ini mengadakan pembuatan peta sebaran COVID 19 di wilayah kerja Puskesmas Bantul dan melatih para kader kesehatan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam mendampingi para penyintas COVID 19.

"Pembuatan peta sebaran COVID 19 memanfaatkan data rekam medis pasien positif Covid tahun 2020-2021 yang dimiliki oleh Puskesmas Bantul 1. Alamat pasien ditentukan titik koordinatnya menggunakan GPS. Selanjutnya data diolah menjadi peta dengan menggunakan sistem informasi geografis (software ArcGis). Peta yang sudah jadi dicetak dan hasilnya disosialisasikan kepada Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan, dan kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Bantul 1," kata kata Dr Lilis Suryani MKes.

Sementara itu, sosialisasi dan penyerahan peta sebaran COVID 19 dilakukan oleh Dr.Lilis Suryani, M.Kes selaku ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dosen pembimbimbing lapangan makasiswa KKN di Puskesmas Bantul 1. Sedangkan pelatihan kader kesehatan pendamping penyintas COVID 19 dilaksanakan di Puskesmas Bantul 1 oleh para mahasiswa KKN kelompok 8.

Para kader kesehatan yang berjumlah 25 orang, diberi pembekalan dalam bentuk penyuluhan, peragaan, dan tanya jawab. Materi pelatihan meliputi: cara pencegahan Covid 19, manfaat vaksinasi, dan peragaan cara cuci tangan yang benar. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam 3 sesi, peserta pelatihan dibagi menjadi 3 kelompok untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Selanjutnya, pembagian suvenir untuk para kader kesehatan berupa buku saku COVID 19, Masker bantuan dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Vitamin, dan Banner promosi kesehatan untuk dipasang di wilayah para kader kesehatan.

"Pemetaan sebaran Covid 19 dan pelatihan kader pendamping penyintas Covid 19 di Puskesmas Bantul 1 telah dilaksanakan dengan berjalan lancar. Semoga peta sebaran Covid bisa dijadikan sebagai dasar dalam menentukan skala prioritas tindakan pencegahan Covid 19 di Puskesmas Bantul 1. Para kader kesehatan yang telah dilatih dapat ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendampingan para penyintas COVID 19," tandas Dr Lilis Suryani.

dr.Suprabandari selaku Kepala Puskesmas Bantul 1 sangat berterima kasih atas kegiatan Pengabdian dan KKN UMY yang diadakan di Puskesmas Bantul 1. Pihaknya, sangat terbantu dengan program-program yang telah dilaksanakan. Harapannya, setelah diadakan kegiatan ini kasus COVID 19 di wilayah Puskesmas Bantul 1 akan menurun dan para kader kesehatan bisa terlibat dalam pendampingan para penyintas COVID 19.

Kader kesehatan yang mewakili 25 dusun merasa senang karena mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan tentang COVID 19, dan nantinya akan disampaikan ke warga di sekitarnya. Sehingga semua warga memiliki kepedulian yang tinggi dalam upaya pencegahan penyebaran COVID 19 di wilayah Puskesmas bantul 1. (*)

Kredit

Bagikan