Upaya Peningkatan Pengetahuan Kader Posbindu pada Penyakit Tidak Menular

user
danar 11 April 2021, 16:31 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar kegiatan penyuluhan secara zoom meeting (online) pada 28 Februari 2021 dan kegiatan skreening PTM (Penyakit Tidak Menular) secara offline di puskesmas piyungan tanggal 10 Februari - 10 Maret 2021 terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader POSBINDU pada penyakit tidak menular.

Program ini digelar guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat sehingga mencegah terjadinya PTM. Kegiatan menggandeng kader kesehatan Posbindu wilayah kerja Puskesmas Piyungan.

Kegiatan skrining PTM berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kadar kolestrol dilakukan oleh mahasiswa kedokteran kelompok 17 selama melakukan kegiatan KKN tematik kedokteran pada tanggal 10 feb -10 maret 2021 yang didampingi oleh petugas medis puskesmas Piyungan. Dilanjutkan kegiatan penyuluhan yang berjudul "Ayo sehat, Cegah PTM dengan Germas" oleh dr Imaniar Ranti, M.Sc secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan zoom meeting juga meliputi kuis untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta terhadap materi penyuluhan, dan diskusi tanya jawab.

"Kegiatan penyuluhan dan skrining yang dilaksanakan ini mampu meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mencegah terjadinya PTM, sehingga hal ini sangat membantu program puskesmas untuk meningkatkan ketercapaian program germas (gerakan masyarakat hidup sehat)," ujar dr Seta Nurhayati Mularum, M.Sc (Kepala Puskesmas Piyungan).

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan antusias peserta yang sangat baik. Masyarakat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada LP3M UMY yang telah memberikan dukungan sehingga bisa terselenggara kegiatan pengabdian masyarakat ini.(*)

Credits

Bagikan