Mendikbud Ingin Industri Serap Talenta Berkualitas

user
danar 15 Juli 2020, 21:50 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada Rabu (15/7/2020) resmi meluncurkan Forum Pengarah Vokasi. Forum yang melibatkan para pelaku usaha ini dibentuk untuk semakin mendekatkan tingkat pendidikan vokasi kepada dunia industri.

Dalam acara peluncuran virtual tersebut turut hadir beberapa pengusaha besar seperti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, serta Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani.

Pada kesempatan tersebut, Nadiem mengatakan, sumber daya manusia (SDM) berkualitas merupakan keunggulan kompetitif (competitive advantage) terbesar yang banyak dicari pelaku industri.

Oleh karenanya, ia mau mendekatkan pendidikan vokasi dengan dunia industri. Dengan begitu, maka para talenta muda berbakat bisa lebih mudah terserap ke dunia kerja.

"Jadi kami menyadari bahwa unit pendidikan vokasi bukan hanya membutuhkan industri untuk memperkaya kualitas pendidikan dan kurikulum. Tapi industri sangat membutuhkan arena pelatihan yang efektif mempersiapkan talenta muda untuk bisa masuk dan meningkatkan produktivitas industri," tuturnya, Rabu (15/7/2020).

Namun begitu, ia menyayangkan kualitas pendidikan vokasi saat ini, baik di tingkat SMK, politeknik maupun pendidikan D3 di perguruan tinggi yang masih belum banyak dilirik dunia industri.

Menurut dia, pelaku industri saat ini belum antusias untuk mau mencomot para lulusan terbaik dari sekolah pendidikan vokasi. Maka dari itu, Nadiem berharap Forum Pengarah Vokasi bisa menjawab permintaan tersebut.

"Jadi ini adalah awal dari proses link and match kita, kenapa Forum Pengarah Vokasi dibentuk. Forum ini dibentuk untuk menjadi jembatan antara masing-masing sektor industri dan Kementerian Pendidikan melalui unit Dirjen Pendidikan Vokasi kita," tukas Nadiem.(*)

Credits

Bagikan