Membentuk Karakter Menjadi Dasar Utama Pendidikan

user
danar 12 Juli 2020, 15:10 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Membentuk karakter pesereta didik menjadi dasar utama bagi SMK Taman Karya Madya (TKM) Tamansiswa Kabupaten Purworejo dalam menghantar kesuksesan para siswanya. Maka sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) pada tahun ajaran baru yang akan dimulai besok, Senin (13/7/2020) semua pamong (guru) di SMK ini wajib mengikuti In House Training (IHT).

“Melalui IHT ini setiap pamong akan memiliki kompetensi dan kemamuan dalam membentuk karakter perserta didik,” kata Kepala SMK TKM Tamansiswa Purworejo Ki Gangung Ngadina SPd MPd.

IHT yang berlangsung selama dua hari ini diikuti semua pamong yang berjumlah 56 orang, diselenggarakan di SMK setempat dengan menghadirkan para praktisi pendidikan yang kompeten dan memiliki pengalaman dalam konsep dan implemenasi palaksanaan pembelajaran. Baik dilingkungan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun dari lingkungan Tamansiswa.

“Saya juga berharap semua pamong mempu menjelaskan secara rasinal kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan,” tandasnya.

Disisi lain, melalui IHT manajemen berbasis sekolah (MBS) tentang kurikulum 2013 dan implementasinya, maka setiap pamong diharap mampu merubah pola piker dalam mempersiapkan pembelajaran sesuai pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada kurikulum. “Paling tidak setiap peserta mampu mereview dan menentukan target KKM pada setiap mata pelajaran yang diampunya,” jelas Ki Gandung Ngadina. (Nar)

Credits

Bagikan