Hadang Covid-19, Bioteknologi UNISA Produksi Hand Sanitizer

user
danar 20 Maret 2020, 16:30 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebagai langkah pencegahan Covid-19, Program Studi Bioteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) menginovasikan hand sanitizer yang saat ini mulai langka.

Ketua Program Studi Bioteknologi, Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech., saat ditemui, Rabu (19/3/2020) menjelaskan bahwa produk hand sanitizer ini merupakan salah satu kontribusi UNISA terhadap pencegahan dan penyebaran Covid-19. Beringan dengan penyebaran virus tersebut, merebak pula penyakit demam berdarah yang merupakan penyakit endemic di Indonesia.

“Oleh karena itu kami berfikir untuk mengembangkan produk yang dapat berperan dalam penanggulangan kedua penyakit tersebut sekaligus,” jelas Arif.

Hand Sanitizer yang diproduksi UNISA ini memiliki beberapa keunggulan antara lain formulasi produk ini telah disesuaikan dengan fatwa tarjih Muhammadiyah mengenai hukum alkohol pada hand sanitizer, sehingga produk ini halal digunakan. Keunggulan lainnya yaitu dapat digunakan untuk menghalau nyamuk demam berdarah karena formula ini juga mengandung ekstrak lavender. Selain itu produk ini juga dicampur dengan gliserin sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi kering.

Rektor Unisa Yogyakarta, Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat, mengatakan karena situasi saat ini jumlah produksi masih terbatas, produk hand sanitizer ini sementara didistribusikan untuk civitas akademika Unisa dan jaringan persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah. Bila produksi tidak terganggu dengan ketersediaan bahan baku, hand sanitizer ini akan ditujukan untuk masyarakat luas. (Mentari)

Kredit

Bagikan