KKN UMY Dampingi Pembuatan Film Pendek untuk Gaya Hidup Sehat

user
agung 09 Maret 2020, 07:53 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pemberdayaan remaja di Dusun Puron, Trimurti, Srandakan Kabupaten Bantul. Pemberdayaan tersebut mengusung tema 'Pemberdayaan Remaja untuk Budaya Gaya Hidup Sehat di Dusun, Puron, Trimurti, Srandakan Bantul'.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN UMY 105,  Margaretha Dharmayanti Harmanto SPd MHum mengatakan ada dua kegiatan dalam pelaksanaan KKN di Dusun Turon. Pembuatan film pendek tentang anemia pada remaja di Dusun Turon. Juga seminar kesehatan mental untuk remaja.

"Secara khusus kegiatan pembuatan short movie ini sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas, bahwa anemia tidak hanya terjadi pada orang dewasa ataupun ibu hamil, akan tetapi juga bisa terjadi pada remaja. Secara umum, dengan adanya short movie ini, masyarakat khususnya para remaja akan lebih mempunyai kesadaran untuk membiasakan pola hidup sehat," papar Margaretha Damayanti dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com.

Sedangkan seminar kesehatan mental remaja bertujuan memberikan wawasan tentang merawat kesehatan mental bagi para remaja, khususnya terkait denagn meregulasi emosi, karena kesehatan psikis juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Semua kegiatan diikuti sekitar 30 orang  remaja yang tergabung dalam Posyandu Remaja Dusun Turon. Kegiatan sendiri sudah berlangsung Januari - Februari.

Margaretha Damayanti yang juga Dosen Akuntansi/Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY mengatakan kegiatan pertama berupa sosialisasi ke warga terutama remaja tentang pembuatan short movie maksud dan tujuan pembuatan short movie tersebut, kemudian pembuatan naskah yang ditulis oleh mahasiswi KKN, Naura Sayoga.

Setelah naskah siap selanjutnya adalah memilih talent dari para pemuda/pemudi dusun Puron dan mahasiswa KKN, dilanjutkan dengan latihan membaca script/naskah film, "take" adegan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMY 105, setelah proses pengambilan film selesai editing dan hasil short movie tersebut diunggah di YouTube dengan judul ICAREU.

Maksud Judul ini bisa dibaca dari depan ke belakang maupun dari belakang ke depan: "I care, U (You) care" dengan maksud untuk saling peduli akan kesehatan teman, keluarga, maupun orang lain. Pembuatan short movie ini mengambil lokasi di Dusun Puron dan sekitarnya, sedangkan para pemeran adalah dari para pemuda/pemudi Dusun Puron itu sendiri. Pembuatan film ini diprakarsai oleh mahasiswa-mahasiswi KKN 105 UMY, yang disutradarai oleh Naura Sayoga.

Seminar kesehatan remaja disampaikan oleh Irwan Rosidi SPsi, Psikolog Klinis di Lembaga Psikologi Terapan UAD yang menekankan  akan pentingnya pengendalian emosi masa remaja. Peserta sendiri dalam mengikuti seminar, dan terlihat sungguh-sungguh dalam mengikuti latihan relaksasi yang diajarkan oleh fasilitator.

Peserta mengalami perubahan fisik menjadi lebih nyaman setelah melakukan relaksasi, yang terdiri dari relaksasi pernafasan, otot, dan visual. Tujuan diajarkan relaksasi, agar para peserta bisa melakukan secara mandiri untuk meregulasi emosi yang dirasakan oleh peserta.

Harapannya peserta dapat mengaplikasikan materi yang telah diajarkan, sehingga peserta dapat meregulasi emosi yang dimiliki dengan cara yang tepat agar peserta dapat memiliki kesehatan mental yang baik.

Kepala Dukuh Puron, Wahyudi Purwanto mengungkapkan bahwa dengan kegiatan pembuatan film pendek dan seminar kesehatan mental remaja ini masyarakat lebih mengenal kegiatan posyandu remaja. Selain itu bisa meningkatkan semangat dari adik-adik untuk ikut posyandu remaja. Dengan demikian akan lebih meningkat baik dari segi kuantitas pesertanya maupun kualitas pesertanya.

Azhar dan Rahman pemuda Dukuh Puron yang menjadi pemain dalam short movie mengungkapkan hal yang senada, bahwasanya mereka sangat antusias dan senang dapat terlibat dalam pembuatan short movie ini. Mereka juga berpendapat bahwa seminar tentang kesehatan mental remaja sangat menarik dan membantu mereka terutama untuk relaksasi.

"Semua kegiatan tersebut tak lepas dari kerja keras para mahasiswa-mahasiswi KKN UMY 105 yang diketuai oleh Ganang A Herlambang. Dengan adanya kegiatan yang dikoordinir Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY) ini diharapkan kesehatan masyarakat, khususnya para remaja, akan lebih meningkat lagi, " kata Margaretha Damayanti. (*)

Kredit

Bagikan