Didampingi Tim UMY, Dusun Dungsuru Perbaiki Tata Kelola Dusun

user
agung 13 Februari 2020, 07:04 WIB
untitled

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membantu pembuatan Tata Kelola Administrasi Dusun Dungsuru, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dilakukan untuk memperkuat database yang baik.

Dosen Pembimbing Lapangan Dr Suranto MPol yang juga pengajar di Magister Ilmu Pemerintahan UMY mengatakan perlunya memperkuat tata kelola administrasi di dusun Dungsuru. "Adapun solusi yang akan dilakukan adalah dengan membuat pembuatan database dusun, pembuatan peta dusun dan penomoran rumah warga dungsuru," kata Suranto.

Menurut Suranto, program ini dianggap sebagai dasar untuk membangun tata kelola administrasi dusun yang lebih baik. Ketiga program akan dilakukan secara berkesinambungan yang memiliki keterkaitan
antara yang program yang satu dengan yang lain.

Pada tahapannya, pembuatan database Dusun Dungsuru akan dilakukan pada tahapan awal guna menjadi dasar informasi untuk pembuatan Peta Dusun Dungsuru dan Penomoran Rumah Warga Dusun Dungsuru.

Kepala Dusun Dungsuru Lilis Hariyani mengatakan kegiatan ini sangat membantu aparat dusun untuk memetakan dan memperbaiki tata kelola administrasi dengan valid dan realibel. "Administrasi yang telah diperbaiki oleh tim KKN UMY ini akan kami jadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di masa yang akan datang," katanya.

Kegiatan yang dikoordinir Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY)  berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Tidak hanya menjadi tanggungjawab tim KKN UMY tetapi juga berkolaborasi dengan masyarakat dan stakeholder masyarakat sehingga penataan administrasi dusun ini berjalan sebagaimana mestinya. (*)

Kredit

Bagikan