Peternak di Nambangan Bantul Dilatih Kelola Kotoran Sapi

user
agung 06 Februari 2020, 15:25 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melatih peternak sapi di dusun Nambangan, Pundong Bantul untuk mengolah kotoran sapi. Bukan hanya mengolah, warga juga diberi pelatihan untuk memasarkan kotoran sapi yang sudah menjadi pupuk.

"Ada tiga program yang kami lakukan di Nambangan yaitu, penyuluhan tentang limbah kotoran sapi, pelatihan dan pendampingan produksi pupuk organik dan biogas, dan pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran," kata dosen pembimbing dalam Program Kemitraan Masyarakat (PMK) UMY, Barbara Gunawan SE MSi CA Ak, Kamis (6/02/2020).

Menurut Barbara, ada sekitar 25 warga yang tergabung dalam Kelompok Peternak Sapi Nambangan, Pundong Bantul yang menjadi peserta. Kegiatan ini sendiri dilakukan setelah melihat adanya limbah kotoran sapi yang selama ini belum dimanfaatkan.

Sehingga program yang dikoordinir oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY ini dipilih yang paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan dusun.

Harapannya, masyarakat bukan hanya bisa mengolah limbah kotoran sapi menjadi pupuk, namun juga bisa memasarkannya. "Pelatihan manajemen pemasaran akan diisi oleh tim marketing dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Peserta pelatihan adalah warga terutama peternak sapi yang ada di Dusun Nambangan," ujar Barbara. (*)

Kredit

Bagikan