Saatnya Lulusan SMK Unggul Bersaing di Dunia Kerja

user
danar 16 Mei 2017, 17:10 WIB
untitled

SOLO,KRJOGJA.com - Sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bersaing dalam babak Final Competition Advan SMK Sales Awards 2017 di hotel Adiwangsa Solo, Selasa (16/5/2017). Kompetisi ini sebagai upaya mendongkrak kompetensi lulusan SMK jurusan pemasaran yang dianggap jurusan buangan.

Padahal pemasaran menjadi ujung tombak terhadap sukses dan berkembangnya industri. "Industri Korea dan China sudah menyiapkan SDM pemasaran dalam jumlah puluhan ribu. Kami juga harus menyiapkan tim penjualan, agar bisa bersaing. Salah satunya dari SMK," jelas Tjandra Lianto, Direktur Marketing PT Bangga Teknologi Indonesia.

10 SMK yang lolos final yakni SMK Batik 2 Solo, SMKN 14 Jakarta, SMK Motivasi Insani, SMKN 1 Pengasi DIY, SMKN 1 Surabaya, SMK Bina Cipta Palembang, SMKN 1 Padang Panjang, SMKN 7 Medan, SMKN 1 Pekanbaru dan SMKN 2 Jaya Pura. Finalis tersaring darin 135 SMK yang mengikuti babak awal.

Founder Komunitas Sales Indonesia (Komisi) dan Sales Director Indonesia (SDI), Dedy Budiman mengatakan ia hanya bisa mendapat 135 SMK karena menghadapi kesulitan sosialisasi ke sekolah. Untuk mengikuti event syaratnya anggota tim harus kelas 3. Tapi pihak sekolah keberatan karena kelas 3 mau menghadapi Ujian Nasional.

"Kami ingin memotivasi dan mengedukasi serta memfasilitasi agar siswa SMK bisa lebih mengenal profesi sales dan mengetahui bagaimana menjual dengan benar sehingga peserta kegiatan ini bisa Jago Sales alias jago menjual produk atau jasa,” tambah Dedy. (Qom)

Kredit

Bagikan