Peneliti MIPA UNS Ciptakan Kampas Rem Kereta Bahan Daur Ulang

user
ivan 30 November 2016, 11:37 WIB
untitled

SOLO (KRjogja.com) - Kebutuhan kampas rem kendaraan maupun kereta api akan semakin banyak. Peluang pasar itu dijawab Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dengan lahir inovasi kampas rem yang terbuat dari berbagai bahan limbah. Produk inovasi ini dipastikan lebih bersaing harganya karena 90 persen merupakan kandungan lokal.

Ketua tim peneliti FMIPA Dr Sayekti Wahyuningsih menjelaskan kampas rem KA inovasi UNS siap diproduksi massal dengan rekanan PT Rem Komposit Indonesia. "PT KAI sudah memesan kampas rem berbahan komposit hasil inovasi UNS," jelasnya disela Seminar Riset Inovasi yang digelar di Pusdiklat UNS, Selasa (29/11/2016).

Kampas rem berbahan komposit dibuat dari komponen organik dan anorganik yang semuanya diperoleh dari limbah dan bahan yang mudah diperoleh. Di antaranya Titanium, diperoleh dari limbah pengolahan timah di Bangka, besi diperoleh dari pasir di Kulonprogo dan untuk perekatnya digunakan getah mete atau asam semut jambu mete dari Wonogiri.

Menurut Sayekti performa maupun uji penggunaan,kampas rem sudah memenuhi standar nasional. Kualitas kampas sudah seperti produksi luar negeri yang selama ini beredar di pasaran. Produk inovasi UNS didanai Program Pengembangan Teknologi untuk Industri Kemristek Dikti.

Meski kecil kampas rem merupakani barang konsumtif yang jumlah pemakaiannya cukup besar mengingat banyaknya KA yang dioperasikan di Indonesia. Dengan memproduksi sendiri kampas rem KA maka bisa mengurangi impor. Ini pasti bisa menekan devisa mengingat selama ini bahan baku kampas masih banyak yang impor. (Qom)

Credits

Bagikan