Pendapatan Petani Harus Ditingkatkan

user
tomi 07 Oktober 2016, 22:08 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) - Kesejahteraan dan pendapatan petani masih menghadapi tekanan yang tidak ringan, dan semakin disadari peningkatan pendapatan petani tidak dapat hanya bertumpu pada harga produk yang dihasilkan. Terutama karena peningkatan harga akan berdampak bagi kesejahteraan konsumen, termasuk petani dan keluarganya sendiri. Pendapatan petani harus ditingkatkan melalui peningkatan nilai dari seluruh kegiatan usaha taninya secara terpasdu. Karena itu petani perlu dukungan menjadi petani yang bersumberdaya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kementerian Keuangan RI Dr Bayu Krisnamurthi MSI dalam acara Dies Natalis ke-58 Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta, Jumat (07/10/2016). Menurutnya menghadapi tantangan tersebut perlu evaluasi menyeluruh terhadap program-program pembangunan pertanian selaman ini.

"Keberanian untuk mengembangkan program baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan, not business as usual serta tanpa intervensi kepentingan selain untuk petani dan pertanian perlu dikedepankan. Perlu dukungan dalam bentuk subsidi harga produk, khususnya pupuk, bibit dan program serupa perlu evaluasi ulang." (War)

Credits

Bagikan