Pemerintah Sertifikasi Keahlian Guru SMK

user
tomi 15 November 2018, 22:14 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pemerintah akan melakukan sertifikasi keahlian bagi guru produktif dan tenaga pendidikan di SMK. Ini sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi pendidikan SMK,demikian disampaikan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Supriano di Jakarta,Kamis (15/11 2018).

Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya terkait dengan meningkatkan

kualitas guru produktif dan tenaga kependidikan (laboran, teknisi, dan kepala bengkel) di SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) akan melaksanakan sertifikasi keahlian bagi guru produktif dan tenaga kependidikan di SMK. Jelas Supriano.

Karena itu, telah dibentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P2) di PPPPTK Kejuruan dan LPPPTKKPTK serta telah mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Terkait acuan pelaksanaan sertifikasi keahlian bagi guru dan tenaga kependidikan tersebut, untuk guru pada tahap I telah disusun Skema Sertifikasi KKNI Level 4 untuk 56

Kompetensi Keahlian dan telah mendapatkan pengesahan dengan ditandatangani oleh

Ketua BNSP dan Dirjen GTK pada tanggal 23 Agustus 2017. Selanjutnya, untuk tahap I telah disusun lagi sejumlah 81 skema sertifikasi kompetensi keahlian untuk guru dan 38 skema sertifikasi untuk tenaga kependidikan serta telah melalui proses validasi dan verifikasi dari BNSP dan siap untuk mendapatkan pengesahan. (Ati)

Kredit

Bagikan