Keren, Nih Mobil Urban Listrik Karya Mahasiswa UMS

user
danar 16 September 2019, 19:50 WIB
untitled

SOLO, KRJOGJA.com - Tiga unit mobil karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang digelar Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Tiga tim dari Fakultas Teknik itu secara resmi dilepas Wakil Rektor 3 Taufik PhD di gedung Siti Walidah, Senin (16/9/2019).

Tiga tim mobil dua diantaranya dari organisasi Electric Car Research Center (ECRC) UMS yakni tim Urban Concept listrik tim Prototype listrik. Kedua tim telah dinyatakan lolos tahap administrasi yang dilakukan Kemenristekdikti. Sedang satu tim yang lain Bayu Surya Proto UM 0.0 Gasolin. Tiga tim akan bertarung di Universitas Negeri Malang, 24-28 September.

"Kami berharap tiga tim mobil UMS mampu bersaing optimal dengan lawan-lawannya yakni universitas papan atas di tanah air," kata Taufik saat melepas. Pelepasan ditandai dengan membuka selubung dan penyerahan helm. Para ketua tim menyatakan optimis bisa tampil maksimal.

Bejo Aji Agus Saputro,  ketua tim Bayu Surya akan turun di kelas proto gasoline dengan bahan bakar bensin. Mobil ini telah mampu berjalan 200 Km dengan1 liter bensin. "Kami masih ingin bisa irit lagi. Target kami sampai 300 Km per liter," ujar Aji. Saingan terberat ITS, UI dan Guna Dharma.

Ibnu dari tim urban listrik juga telah mengaku siap terjun di ajang KMHE. Mobil yang disiapkan ditargetkan bisa masuk finish 10 besar. Sementara ini mobil mampu melaju 10 Km. Satu mobil listrik yang lain adalah prototipe Ababil Evo II.(Qom)

Kredit

Bagikan