AKPAR BSI Yogya Borong Piala

user
agung 23 September 2014, 23:05 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) – Prestasi kembali diukir mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta dalam Festival Kuliner Banjaroya di Rest Area Pasar Bendo Kalibawang Kulonprogo. Mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta Jurusan Perhotelan berhasil memborong 4 buah piala yaitu sebagai pemenang ke 2, 3, dan Harapan 3 pada kategori masakan jagung.

Sedangkan pada kategori masakan durian berhasil membawa piala sebagai pemenang ke 2. “Ini menjadi kebanggan kami dalam membentuk para mahasiwa yang memang berkualitas,”ujar Diah Pradiatiningtyas SE Msc, Ketua LPPM, Riset & Media Relation Bina Sarana Informatika (BSI) Wilayah Jawa Tengah dan DIY kepada KRJogja.com, Selasa (23/9).

Disebutkan, Festival Kuliner Banjaroya merupakan festival kuliner Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Disbudpora Kulonprogo. Acara ini dikemas dalam berbagai lomba masak serta pameran produk makanan lokal. Dalam acara ini juga dihadirkan hiburan dari Komunitas Band Jogjakarta serta penampilan kesenian tradisional Angguk Putri untuk menambah kemeriahan acara.

Dalam festival ini, ada 4 jenis kategori masakan lokal yang dilombakan, masing-masing kategori terdiri dari 25 peserta/kelompok. Pada hari pertama merupakan lomba masakan berbahan baku singkong dan iwak kali. Sedangkan hari kedua lomba masakan berbahan jagung dan durian.

Sedangkan kategori bahan jagung, kelompok Sadewa yang beranggotakan Ihwan dan Arif mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta semester 3 mengkreasikan masakan kroket dari jagung yang di beri nama Baby Corn Bird. Kroket yang dihiasi pucuk jagung muda yang berbentuk seperti kepala burung ini memperoleh gelar juara 3.

Untuk kelompok Fanas yang beranggotakan Fazri dan Yonas mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta semester 1 ini mengkreasikan kue lumpur dari jagung yang diberi kismis dan saos dari gula dan susu ini memperoleh gelar juara 2. Kelompok Frandit yang beranggotakan Fransiska dan Pradita yang duduk di semester 5 memperoleh juara harapan 3 dengan mengkreasikan talam jagung yang diberi saos gula jawa merah.

Terakhir di kategori bahan dasar durian, Vivin mahasiswa semester 5 ini berhasil meraih juara 2 dengan mengkreasikan siomay citarasa durian. “Kami berharap prestasi tidak cukup sampai disini saja. Kedepan tentunya ingin terus mengembangkan kreatifitas mahasiswa di bidang masakan sembari mengembangkan wirausaha mahasiswa di bidang kuliner dengan terus membimbing melalui BSI Entrepreneur Centre (BEC BSI). Dengan begitu mahasiswa mampu turut serta melestarikan masakan berbahan tradisional asli Indonesia,” tegas Diah. (Usa)

Kredit

Bagikan