Bina SDM 10 Top Destinasi, Sekolah Pariwisata Dikerahkan

user
tomi 01 Juni 2016, 19:04 WIB
untitled

JAKARTA (KRjogja.com) - Menpar Arief Yahya menggerakkan seluruh potensi di Kemenpar untuk "mengeroyok" ramai-ramai dalam percepatan 10 Bali Baru. Termasuk empat Perguruan Tinggi milik Kementerian, yakni STP Bandung, STP Nusa Dua Bali, Akpar Medan dan Politeknik Pariwisata Makassar, yang sudah lama eksis.

"Mereka wajib berpartisipasi aktif dalam persiapan SDM-Masyarakat-Industri pariwisata untuk 10 Destinas Prioritas itu. Paling tidak, para mahasiswa bisa mendampingi dan menularkan ilmu di kampus ke masyarakat, yang sangat membutuhkan sentuhan hospitality," ucap Menpar Arief Yahya, di Jakarta, Rabu (01/06/2016).

Menpar menjelaskan ke-10 Destinasi Utama itu adalah Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara. Semua resourches memang dikerahkan dengan spirit WIN-way, Wonderful Indonesia Way.  "Tiga S, biasa dia sebut, dengan solid, speed dan smart. Semua potensi dan sumber daya manusia Kemenpar harus melangkah dengan spirit 3S itu," ujarnya yang juga meminta konsisten melibatkan mahasiswa pariwisata, agar kaya pengalaman.

Deputi Kelembagaan dan SDM, Ahman Sya sudah mengeluarkan SK yang menugaskan kepada empat perguruan tinggi Kemenpar itu untuk actions. Mereka dibagi dalam 4 wilayah, sesuai dengaj 10 top destinasi, yakni Barat, Timur, Tengah dan Utara. "Akpar Medan membangun Toba, STP Bandung menghandle Kep. Seribu dan Kota Lama, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang dan Borobudur. STP Bali menangani Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo. Poltekpar Makassar: Wakatobi dan Morotai," jelas Prof Ahman. (*)

Kredit

Bagikan