Kepala LAPAN, Astronomi Juga untuk Inklusi

user
danar 11 November 2019, 18:20 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Selama ini ada pandangan, astronomi hanya untuk orang normal secara fisik saja. Padahal dengan kesadaran, kemauan bersama semua pihak, kemajuan tekologi, astronomi bisa dinikmati semua orang, termasuk kaum difabel atau inklusi.

Demikian ditegaskan Prof Dr Thomas Djamaludin MSc, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) RI di Ruang Aphitarium, kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Ringroad Selatan, Bantul, Senin (11/11/2019). Kuliah umum bertema 'Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Astronomi Inklusi' diikuti peminat astronomi juga kaum difabel/inklusi dengan pengantar Yudhiakto Pramudya PhD (Kepala Pusat Studi Astronomi UAD). Untuk memudahkan pemahaman yang disampaikan pembicara diterjemahkan dengan bahasa isyarat.

 

Menurut Thomas Djamaludin, astronomi adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda-benda langit, seperti bintang, planet, komet serta fenomena alam yang terjadi di atmosfir bumi. "Memang astronomi bisa dinikmati semua orang masih menjadi sesuatu yang baru," ujarnya. Untuk itu diperlukan inovasi pengembangan untuk mewujudkannya.

Sedangkan Yudhiakto Pramudya PhD menegaskan, semua orang berhak untuk belajar, apapun kondisinya dan di manapun tempatnya. "Astronomi untuk semua, ilmu pengetahuan juga untuk semuanya," tandasnya.

Diakui Yudhiakto Pramudya, forum ini untuk meningkatkan kesadaran pengetahuan astronomi bagi mahasiswa, publik dan kaum difabel. Selain itu, Lapan telah memberi akses, membuat kebijakan untuk memperoleh pengetahuan astronomi. "Kami mendorong kerja sama semua pihak untuk melakukan berbagai inovasi pengembangan teknologi antariksa termasuk bagi difabel/inklusi," ucapnya.

Untuk itulah kegiatan ini didukung Pusat Studi Astronomi (Pastron), Pusat Studi Cirnov, Pusat Studi Pariwisata dan Bisnis Kreatif (Cotres), Pusat Tarjih PP Muhammadiyah. "Momentum ini sekaligus realisasi MoU dengan berbagai pusat studi di UAD berkaitan dengan Lapan RI, " tambahnya. (Jay)

Credits

Bagikan