Program PDS-UAD Konstruktif untuk Pendidikan

user
tomi 03 November 2019, 18:30 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) yang dilakukan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses dan sangat membanggakan. Program selama 2 bulan dengan 8 pertemuan berjalan lancar dan luaran/output sangat konstruktif untuk dunia pendidikan.

Demikian diungkapkan Dr Nandi MSc, reviewer dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristek  Dikti dalam Seminar Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dan Program Hibah Penerapan Inovasi Pembelajaran Khusus diselenggarakan FKIP-UAD bersama Belmawa Kemenristek Dikti di Grand Inna Malioboro, Sabtu (2/11/2019). Hadir pula reviewer menyampaikan review Prof Dr Dwi Sulisworo MT (dosen UAD).

Seminar tersebut diberi pengantar Irvan Budi Handaka MPd (Ketua Hibah PDS) dan dibuka Dr Trikinasih Handayani MSi (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/FKIP UAD) dan ditutup oleh Rektor UAD, Dr Muchlas MT.

Menurut Nandi, program PDS saat dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) hasilnya luar biasa. "Program ini juga sekaligus stigma, perguruan tinggi sekadar menara gading. PT berjarak jauh dengan realitas masyarakatnya," ujar dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Bahkan ada pengamatan, program PT khususnya FKIP tidak pernah menetes di sekolah. "Kami berharap program PDS terus berlanjut dengan luaran lebih berkualitas lagi," harapnya.

Sedangkan Dr Trikinasih Handayani MSi dalam sambutannya antara lain mengatakan, program PDS dilakukan FKIP-UAD untuk kedua kalinya. "Program PDS disambut dosen dengan sangat antuias," tuturnya. Irvan Budi Handaka MPd dalam pengantar menyebutkan, kegiatan selama 2 bulan diikuti 30 dosen dan guru mitra. "Luaran/output, proses awal sampai akhir menjadi karya berharga." tandasnya. (Jay).

Credits

Bagikan