83 Mahasiswa UTDI Lolos Seleksi MBKM Program Magang dan Studi Independen

user
danar 29 Agustus 2022, 15:30 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) memberikan pembekalan untuk mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) semester ganjil 2022/2023. Pembekalan ini ditujukan kepada 83 mahasiswa UTDI yang lolos MBKM pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan program Wirausaha Merdeka Kemendikbud.

Menurut Ketua MBKM UTDI, Adi Kusjani, dari 83 mahasiswa yang lolos berasal dari mahasiswa prodi Informatika terdiri 27 mahasiswa lolos program Studi Independen, 20 mahasiswa lolos program Magang dan 1 mahasiswa lolos program Wirausaha Merdeka. Sedangkan prodi Sistem Informasi terdiri 2 mahasiswa lolos program Studi Independen dan 3 mahasiswa lolos program Magang.

Sementara prodi Rekayasa Perangkat Lunak ada 10 mahasiswa lolos program Studi Independen dan prodi Sistem Informasi Akuntansi terdiri 7 mahasiswa lolos program Studi Independen dan 1 mahasiswa lolos program magang. Untuk prodi Teknologi Komputer terdiri 10 mahasiswa lolos program Studi Independen dan 2 mahasiswa lolos program Magang.

"Untuk mahasiswa yang lolos program Magang akan mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud dan dapat dikonversi menjadi Proyek Akhir atau Skripsi bagi mahasiswa D3 yang sudah di semester 5 dan mahasiswa S1 yang sudah di semester 6," ungkap Adi Kusjani, Senin (29/8/2022).

"Sedangkan yang lolos Studi Independen dimungkinkan mendapatkan uang pengganti kuota. Setiap mahasiswa yang melaksanakan program MBKM ini, akan disetarakan sebanyak 20 SKS," paparnya.

Dalam program MBKM Kemendikbud ini UTDI yang sebelumnya bernama STMIK Akakom Yogyakarta sudah mengikuti selama 4 semester. Dimana beberapa mahasiswa menjadi Lulusan Terbaik. Yaitu Muhammad Pazrin Andreanor lulusan terbaik program Studi Independen (Android & Multiplatform) bersama Decoding, Dandi Irwanto lulusan terbaik program Studi Independen (Front-End Web dan Back-End) bersama Decoding dan Ridian Putra lulusan terbaik program Studi Independen (Mobile Development) bersama Bangkit Academy 2022 by Google, GoTo, Traveloka.

Rektor UTDI Totok Suprawoto menjabarkan, Program MBKM yang diselenggarakan Kemendikbudristekdikti mendapatkan respon positif dari para mahasiswa di lingkungan UTDI.

Hingga saat ini UTDI sudah mengikuti selama 4 semester, dimana beberapa mahasiswa menjadi Lulusan Terbaik. Pada semester ganjil tahun 2022/2023 yang berhasil lolos seleksi program MBKM 83 mahasiswa dari puluhan ribu pendaftar yang tersebar pada sejumlah perusahaan atau industri dalam bentuk program Studi Independen, program Magang dan program Wirausaha Merdeka.

"Untuk mendukung implementasi program MBKM, UTDI telah membentuk tim kordinator MBKM yang bertugas melakukan identifikasi, seleksi dan sekaligus memberikan persetujuan terkait usulan dari mahasiswa yang mengajukan program MBKM," sebut Teguh. "Total SKS yang bisa diperoleh mahasiswa dalam program MBKM sebanyak 20 SKS yang hasilnya akan dimasukkan ke dalam transkrip nilai sesuai dengan nama mata kuliah atau kegiatan yang dilaksanakan selama MBKM dan program studi akan melakukan identifikasi mata kuliah yang bisa disubstitusi dari kegiatan MBKM," urai Totok.

Hingga saat ini, pelaksanaan MBKM di UTDI bisa mendukung komptensi dari CPL program studi. Untuk mengarahkan dan memotivasi pelaksanaan MBKM agar berhasil menyelesaikan kegiatannya, telah ditunjuk sejumlah dosen pendamping untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan MBKM dari mahasiswa.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta Teguh Widjono Budi Prasetijo memberikan apresiasi atas capaian mahasiswa UTDI yang lolos seleksi MBKM untuk program magang maupun studi independen. "Ini membuktikan bahwa mahasiswa UTDI memiliki keunggulan kompetitif yang membanggakan. Saya berharap akan terus lahir talenta-talenta digital dari UTDI yang berprestasi dan siap membangun negeri," tutupnya. (Sal)

Credits

Bagikan