STIKES Guna Bangsa Gelar Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan dan Terapi Komplementer Pencegahan Stunting

user
ivan 29 Agustus 2022, 04:33 WIB
untitled

YOGYA KRJOGJA.com - Program studi kebidanan dan Program Studi Keperawatan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka mewujudkan Desa Dukun Merdeka Stunting.

Pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi kegiatan hibah pengabdian masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Berdasarkan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Nomor 032/E5/PG.02.00/2022 tanggal 27 April 2022 tentang Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa kebidanan dan keperawatan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta yakni Selasih Putri Isnawati Hadi, S.Tr.Keb.M.Tr.Keb ; Nessy Anggun Primasari, S.Kep.,Ns.,M.Kep ; Modesta Frila Lawalata ; Tasya Rodearni Purba ; Indah Nur Widiyanti ; Ahmad Zulfan Khanafi ; Hansley Uniwally.

Program yang diberi nama RUMPI SARI (Rumah Pendidikan Sadar Gizi) ini yang digunakan sebagai wadah edukasi dan peningkatan ketrampilan khususnya bagi kader posyandu balita di Desa Dukun, Kab Magelang dalam rangka merdeka stunting.

Agenda yang telah dilakukan adalah pengolahan bahan pangan sekitar seperti inovasi ice cream kelor, coklat kelor, pudding labu kuning regal dan cekok penambah nafsu makan anak.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 kader posyandu balita di Balai Desa Dukun.

Rangkaian acara selanjutnya pada Sabtu tgl 27 Agustus 2022 diadakan pelatihan terapi komplementer untuk pencegahan Stunting yakni dengan mengajarkan pijat penambah nafsu makan, pijat tuina, akupresure penambah nafsu makan, serta baby gym bagi kader posyandu balita.

Para kader sangat antusias dan merasa sangat senang mendapatkan ilmu baru.

Dalam sambutannya Tanto Heryanto selaku kepala desa Dukun mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan sekaligus ketrampilan yang nantinya dapat diterapkan di masyarakat.

Selasih Putri Isnawati Hadi selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat juga berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan dan terus dikembangkan kedepannya untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kemandirian masayarakat, khususnya di Desa Dukun. (*)

Credits

Bagikan