Mudah dan Gratis, Buat Desain Media Pembelajaran

user
danar 23 Agustus 2022, 02:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Banyak yang berpandangan/berpendapat, membuat desain media pembelajaran itu sulit.

"Sebenarnya tidak sulit, mudah dan gratis. Asalkan mau belajar dan dipraktekkan. Kami sering menggunakan media pembelajaran yang mudah dan gratis. Seperti dengan aplikasi Canva, Kahoot, Quizizz, KineMaster hingga Powerpoint," kata Fadhlurrahman SPdI MPd, dosen Prodi Pendidikan Agama, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (22/08/2022).

Fadhlurrahman menyampaikan hal tersebut terkait Pelatihan Pengembangan Desaian Media Pembelajaran di Madrasah Aliyah Alam Muhammadiyah 5, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kemarin.

Ditegaskan Fadhlurrahman, sengaja dirinya bersama anggota tim lain melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat jauh dari kampus UAD, memiliki pertimbangan tersendiri. "Sekolah Madrasah Aliyah ini berbasis alam, tetapi harus tetap mengikuti perkembangan zaman dan teknologi," ujarnya.

Dalam pengabdian Fadhlurrahman bersama Fandi Akhmad SPdI MPdI dan Qaem Aulassyahied SThI MAg. Kegiatan ini dibantu mahasiswa Reza Amin Nur Ihsan, Asih Kartika Putri, Roihanah Fatkhurochman memberi Pelatihan ‘Pengembangan Desain Media Pembelajaran’.

Kegiatan ini diberi pengantar M Yuzril Syamsu Ardhy SPdI selalu Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Alam 5 Sidoharjo, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Muhammad Yuzril Syamsu dalam sambutan antara lain mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mengembangkan softskill guru dalam media pembelajaran, sehingga murid akan merasakan inovasi dan kreatifitas dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) merupakan kerja sama Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam (FAI) dan LPPM UAD dengan MA Muhammadiyah Alam 5 Pulung Ponorogo.

“Kami senang adanya kegiatan ini. Semoga tetap berlanjut,” ujar Muhammad.

Ditambahkan Fadhlurrahman, dalam kegiatan tersebut diberikan banyak hal, termasuk cara-cara praktis dalam mendaftar akun, pengoperasian setiap aplikasi hingga pengembangan pada setiap mata pelajaran yang para guru ampu. (Jay)

Credits

Bagikan