UMBY Beri Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah Bagi 'Karang Taruna Pusaka Muda' Pasekan Lor

user
danar 15 Agustus 2022, 00:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pola konsumsi di sektor rumah tangga pada saat pandemi Covid -19 mengalami perubahan. Adanya kegiatan belajar dari rumah maupun bekerja dari rumah menyebabkan sebagian masyarakat melaksanakan kegiatan rutinnya di rumah. Kondisi ini dapat menyababkan terjadinya penumpukan jumlah sampah pada rumah tangga seperti sampah plastik, kardus, botol, kertas maupun sampah jenis lainnya.

Tempat Pembuangan Sampah yang terbatas mengakibatkan adanya penumpukan sampah, sehingga dapat mengganggu kondisi lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, Tim pengabdian dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Ika Wulandari, Diana Airawaty dan Azfa Mutiara Ahmad Pabulo melaksanakan kegiatan pelatihan pengelolaan bank sampah.

Saat ini di Dusun Pasekan Lor sudah ada bank sampah yang diprakarsai oleh Kelompok Karang Taruna Pusaka Muda yang kali ini juga mengikuti pelatihan dari UMBY. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat (22/07/2022) bertempat di kediaman Ketua RT 04 Pasekan Lor.

Pembentukan Bank Sampah merupakan salah satu strategi pengelolaan sampah berbasis kemasyarakatan. Keberadaannya harus dikelola bersama untuk kemanfaatan warga," jelas Ika Wulandari. Pada kegiatan ini juga didatangkan narasumber Pengelola Bank Sampah TPS3R Salakan Bersemi Potorono, Jumali.

Peserta pelatihan dan narasumber melakukan diskusi dan sharing informasi mengenai pengelolaan sampah dan bank sampah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan pengetahuan bagi kelompok Karang Taruna Pusaka Muda dalam upaya mengoptimalkan keberadaan bank sampahnya.(*)

Credits

Bagikan