FGD Tim Riset UJB dan Dispar Gunungkidul

user
danar 04 Agustus 2022, 09:59 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim Riset Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta yang diketuai oleh Wika Harisa Putri SE SH MSc MEI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Rapat Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul pada 21 Juli 2022. FGD mengusung tema 'Optimasi Penggunaan Big Data, Pemodelan Transportasi, dan Pendekatan Perilaku dalam Tourism Destination Management Organization (TDMO) untuk Meningkatkan Ketangguhan terhadap Dampak Sosio-Ekonomi Covid-19'.

Tim riset UJB terdiri dari dosen Prodi Akuntansi, yaitu Wika Harisa Putri (ketua tim), bersama dua mahasiswanya Nova dan Robby. Sedangkan Prodi Teknik Sipil, Dr Nindyo Cahyo Kresnanto ST MT dan mahasiswanya Wildan, serta dari Prodi Informatika, Eri Haryanto SKom MKom dan dua mahasiswanya, Laras dan Shalsa.

Riset ini diselenggarakan dengan Skema Riset Keilmuan, Hibah Pendanaan dari Kemdikbudristek dan LPDP sekaligus mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Janabadra. FGD dihadiri antara lain, Ketua LP3M Universitas Janabadra Dr Erni Ummi Hasanah SE MSi dan Setyo Hartoto SIP M MB (Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata, Dispar Gunungkidul) mewakili kepala dinas.

Tim riset, Nindyo Cahyo Kresnanto menuturkan, pemerataan wisata gunungkidul saat ini masih sangat kurang. Dilihat dari perilaku wisatawan, mereka lebih tertarik mengunjungi kawasan pantai dan gunung (tempat tinggi). Sedangkan untuk kawasan tengah masih kurang dikunjungi. "Kondisi ini diharapkan mendorong upaya untuk menciptakan daya tarik wisata (DTW) di kawasan tengah Gunungkidul," katanya.

Sementara, Wika Harisa Putri memberikan usulannya tentang wacana wisata premium, yang menyasar wisatawan kalangan atas. Sehingga meningkatkan jumlah belanja wisatawan di Gunungkidul yang saat ini berada diangka kurang dari 200.000.

Gunungkidul sendiri memiliki 3 aspek wisata yang meliputi wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan. Data dalam kurun waktu 10 tahun menunjukkan target wisatawan selalu tercapai. Terdapat pula sub sektor ekonomi kreatif yang turut mendukung majunya pariwisata Gunungkidul yakni dari kuliner, seni kriya dan seni pertunjukan. (Dev)

Credits

Bagikan