Bersama Optimalkan Potensi Lokal dan Wujudkan Bantul Bersih Sampah 2025

user
danar 02 Agustus 2022, 00:10 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Univerasitas Alma Ata (UAA) kelompok 03 Sendangasari dilaksanakan di Padukuhan Benyo yang terdiri dari Dukuh Benyo dan Karangjati tepatnya di Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul. Padukuhan Benyo ini sendiri terdiri dari 9 RT dimana ada terdapat 6 RT di Dukuh Benyo dan 3 RT di Dukuh Karangjati.

Dari hasil Survei diketahui potensi perkembangan di Padukuhan Benyo berdasarkan masing-masing bidang dari Pendidikan, Farmasi, Perawat, Ilmu Gizi, Informatika, Manajemen dan Ekonomi Syariah. Mayoritas penduduk di padukuhan Benyo 98 persen dikatakan beragama Islam. Oleh karena itu penting untuk menanamkan nilai keagamaan sejak dini untuk anak-anak di padukuhan Benyo. Salah satu kegiatan rutinan yang dilaksanakan di padukuhan tersebut adalah Taman Pendidikan Al-Alquran (TPA) yang sudah berjalan sejak dulu.

"Kami melihat adanya potensi yang dapat kami kembangkan berupa nilai keagamaan yang akan ditanamkan pada anak-anak sejak dini, karenanya kami mengambil program kerja utama dengan bertemakan Festival Anak Sholeh dan Bantul Bebas Sampah. Salah satu upaya kami untuk menambah semangat serta daya tarik agar anak-anak yang ada di Padukuhan Benyo tertarik untuk mengikuti kegiatan rutinan TPA adalah dengan membuat program festival anak sholeh, sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut anak-anak di Padukuhan Benyo diberikan pembekalan dan pelatihan. Pembekalan di berikan berupa materi hapalan hadist, dan doa sehari-hari dengan menggunakan metode bernyanyi agar anak-anak mudah menghafal serta diharapkan dapat mengamalkan hadist dan doa sehari-hari kedalam kehidupan sehari-hari dan untuk melihat betapa besar kemampuan daya tangkap anak-anak setelah diberikan pembekalan tersebut, kemudian pelatihan diberikan agar anak-anak siap untuk mengikuti lomba yang dilaksanakan pada festival anak sholeh. Kami melaksanakan festival anak sholeh tersebut bertepatan dengan hari raya idul adha dimana dalam pelaksanannya sekaligus dapat memeriahkan hari raya Idul Adha," ujar Muhammad G.A Putra, S.Kep.,Ns.,M.Kep, Dosen Pembimbing Lapangan kegiatan ini.

Program kerja utama selanjutnya adalah untuk mewujudkan Bantul bebas sampah. Daerah ini ada potensi masyarakat melaksanakan pengelolaan sampah dengan mendirikan bank sampah yang terletak di pendukuhan Benyo. Bank sampah yang terdapat di Padukuhan Benyo dikelola oleh pemuda-pemudi karang taruna dan masyarakat padukuhan Benyo. Untuk memaksimalkan program kerja pengelolaan Bantul bebas sampah KKNT UAA mengedukasi masyarakat melalui penyebaran poster agar masyarakat mengingat betapa petingnya menjaga kebersihan lingkungan. Bukan hanya itu saja tetapi juga dapat mengelola sampah kering dan sampah basah menjadi sebuah kerjainan tangan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Program kerja selanjutnya dilaksankan berdasarkan bidang studi mashasiswa KKNT untuk meningkatkan/mengembangkan potensi yang terdapat dipadukuhan Benyo dan Karangjati :

Bidang Pemberdayaaan Masyarakat, dengan program kerja TPA dan BIMBEL kegiatan ini rancang oleh prodi Pendidikan seperti Pendidikan agama islam, PGSD, PGMI, Pendidikan Matematika.

Bidang Kesehatan

Farmasi :

a.Pelestarian tanaman TOGA di demplot melati di Padukuhan Benyo serta pemberian plangisasi manfaat tanaman obat.

b.Mengedukasi tanaman TOGA melalui booklet terkait cara pengelolaan, peringatan, dan penggunaan tanaman obat berupa jamu bersumber dari KEMENKES, GERMAS dan B2P2TOOT Tawangmangu.

Perawat

Melaksanakan senam lansia dan pemeriksaan tekanan darah secara gratis

Ilmu Gizi

Memberikan edukasi terkait Tablet Tambah Darah dan Stunting pada Wanita Subur

Administrasi Rumah Sakit

a.Edukasi BPJS dengan metode leaflet

b.Membantu masyarakat dalam skrinning BPJS

Ekonomi Syariah dan Manajemen

a.Pendampingan sekaligus pendataan umkm di Dusun Benyo,

b.Membantu UMKM dengan plangisasi secara online (Google Maps), Plangisasi secara berwujud,

Edukasi Pemilihan packaging Jamu

Informatika

a.Membuat weblog terkait profil Padukuhan Benyo. (*)

Kredit

Bagikan