Pemda DIY Dukung Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka

user
agus 29 Juli 2022, 16:12 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY mendukung sepenuhnya upaya percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri pada satuan pendidikan. Hinnga kini ada 3.711 satuan pendidikan di DIY yang memilih IKM dengan jalur mandiri, terdiri dari Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Drs R Kadarmanta Baskara Aji saat menerima kunjungan dari tiga UPT Kemendikbudristek yang ada di DIY, yakni Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY, Kamis (28/7/2022) di Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Hadir pada kunjungan itu Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr Dra Sarjilah MPd, Kepala BPMP DIY Drs Eko Sumardi MPd serta Nunik Sukeksi SH MPd mewakili kepala BBGP DIY. Hadir pula dalam kesempatan itu Kepala Dinas Dikpora DIY Didik Wardaya SE MPd.

“Terima kasih kepada UPT Kemendikbudristek di DIY yang telah lama bekerja sama dengan kami. Saya menyampaikan dukungan yang setulus-tulusnya pada Implementasi Kurikulum Merdeka yang sekarang ini mendapat sambutan antusias dari satuan pendidikan di DIY baik dari jenjang PAUD, Pendidikan Dasar maupun Pendidikan Menengah,” ungkap Baskara Aji.

Baskara Aji berharap, dengan kebersamaan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, bisa mendorong siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran yang lebih baik dan kompetitif. “Guru punya kesempatan belajar mandiri dari platform yang represantatif, yakni Merdeka Mengajar yang bisa dimanfaatakan untuk meningkatkan kompetensi. Mudah-mudahan ini manjadi pintu sukses pendidikan di DIY karena pendidikan menjadi salah satu pilar pembangunan di DIY,” tandasnya.

“Ini merupakan langkah maju dan semoga dengan ide-ide baru yang disepakati di Kemendikbudristek akan bisa mengikuti tantangan jaman. Dunia pendidikan memang harus selalu berubah dan dinamis dan sekali lagi kami medukung penuh percepatan IKM ini,” pungkasnya.

Sebelumnya Sarjilah, Eko Sumardi dan Nunik Sukeksi melaporkan perkembangan terbaru terkait perubahan nama dan tugas fungsi pokok beberapa UPT Kemendikbudristek di DIY. Disamping memohon dukungan dari Pemda DIY untuk percepatan IKM yang menjadi salah satu program prioritas di Kemendikbudristek. (Ria)

Credits

Bagikan