Dibimbing Dosen Poltekkes BSI dan UNY, KWT Lestari Produksi Pangan Sehat

user
danar 14 Juli 2022, 18:30 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pelatihan Pengembangan Jamur Tiram sebagai Pangan Fungsional Sehat telah dilakukan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Padukuhan Gowok Depok Sleman, Kamis (14/07/2022). Program itu dilanjutkan kembali, 23 Juli 2022 mendatang.

Apt Ana Mardiyaningsih MSc, dosen Poltekkes Bhakti Setya Indonesia (BSI) Yogyakarta mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari program Pengabdian Masyarakat pada skim Penerapan Iptek Masyarakat yang didanai oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. "Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membantu permasalahan mitra yaitu KWT Lestari dalam pengembangan jamur tiram di padukuhan Gowok," ujarnya, Kamis (14/07/2022).

Disebutkan, kegiatan pelatihan diikuti oleh 19 anggota KWT, dan melibatkan 3 mahasiswa sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Esti Lestari, Fatimah Azzahro, dan Mega Ayu Lestari. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dukuh Gowok H Pudjo Wiratno. Dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga telah bermitra dengan kampus untuk kemajuan KWT.

Kegiatan pelatihan tahap 1 tanggal 14 Juli 2022 diisi oleh narasumber dari tim dosen Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yaitu Drs Heri Setyawan MSi, dosen Poltekkes BSI dari bidang keahlian ilmu Biologi dengan materi Morfologi dan Karakter Tumbuh Jamur Tiram. Apt Ana Mardiyaningsih MSc, dosen Poltekkes BSI dari bidang keahlian ilmu Farmasi dengan materi Nilai Gizi, Kesehatan, dan Khasiat Jamur Tiram sebagai Immunomodulator.

Wika Rinawati SPd MPd dan Reza Restiawati SPd, tim dosen dan mahasiswa pasca sarjana UNY dari bidang keahlian tata boga dengan materi Praktik Olahan Keripik dan Bakso Jamur serta teknik Packagingnya.

Dijelaskan Ana Mardiyaningsih, pelatihan tahap 2 akan dilaksanakan Sabtu 23 Juli 2022 di Griya Jamur Lestari di Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Narasumber pelatihan Ir Lestari, petani jamur pemilik Griya Jamur Lestari yang memberikan materi tentang Potensi Agrobisnis Budidaya Jamur Tiram serta Pembuatan Media Tanam Jamur Tiram.

Pelatihan tersebut kegiatan perdana dari rangkaian program Penerapan Ipteks Masyarakat yang dilaksanakan mulai 12 Juli hingga 15 Desember 2022. Melalui kegiatan ini pengabdian masyarakat dosen sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat memecahkan masalah mitra melalui kolaborasi keilmuan multidisipliner dari bidang ilmu farmasi, biologi, dan tata boga.

Melalui program ini, KWT Lestari diharapkan dapat lebih menguasai cara pembudidayaan jamur melalui perbaikan kubung jamur yang lebih sesuai dengan karakter tumbuhnya. Di samping itu, setelah mengetahui pengaruh jamur tiram bagi daya tahan tubuh serta mempelajari cara pengolahannya menjadi keripik dan bakso, KWT Lestari dapat meningkatkan nilai jual jamur dan mengatasi masalah pasca panen yang selama ini menjadi kendala utama. (Jay)

Kredit

Bagikan