UBL Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

user
danar 06 September 2022, 03:10 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Universitas Budi Luhur (UBL) akan menggelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022. Even yang akan digelar 14-17 September tersebut diperkirakan akan melibatkan lebih dari 1.000 peserta dari berbagai lintas masyarakat dan komunitas.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA menerangkan even Jambore Nasional Bank Sampah ini merupakan pertama kalinya digelar di Indonesia. Idenya muncul dari keinginan UBL untuk melanjutkan komitmennya memerangi sampah sebagai bagian dari ikut menjaga kelestarian alam.

“Kami sudah lebih dari 8 tahun konsisten peduli dengan masalah sampah. Kami ingin edukasi ini ditingkatkan dan diperluas lagi,” kata Kasih Hanggoro pada jumpa pers Jambore Nasional Bank Sampah 2022, Senin (5/9/2022).

Menurutnya, persoalan sampah seringkali dianggap persoalan kecil dan sepele. Orang berhubungan dengan sampah umumnya karena factor terpaksa.

Padahal dibalik sampah, ada potensi-potensi ekonomi yang bisa digali. Sebagai contoh adalah yang dilakukan UBL dengan Pegadaian yang mengubah sampah menjadi tabungan emas.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M mengatakan UBL merupakan instansi pendidikan yang aktif dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan melalui Bank Sampah UBL yaitu sebagai wadah pengelolaan sampah dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat.

“Pada tahun 2020, Bank Sampah UBL meraih penghargaan dari LLDIKTI sebagai permadani terbesar dari kawasan minuman plastik. Tidak hanya itu, pada ajang UI GreenMetric, UBL meraih peringkat ke-31 pada tahun 2021 dan meraih juara umum lomba nasional memilah sampah menabung emas dari Pegadaian dan mendapatkan hadiah mobil box,” kata Rektor.(*)

Credits

Bagikan