UT Luncurkan Aplikasi SIPPP untuk Tata Kelola Terintegrasi dalam Dies Natalis ke-38

user
danar 05 September 2022, 01:10 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Universitas Terbuka (UT) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban keuangan (SIPPP). Ini merupakan sebuah sistem informasi tata kelola yang terintegrasi dan menghubungkan seluruh sumber daya yang ada di lingkungan Universitas Terbuka.

Rektor UT, Ojat Darojat mengatakan, sistem ini dikembangkan dengan arsitektur microservice. Dengan adanya SIPPP dimungkinkan pengambilan keputusan yang cepat oleh manajemen karena informasi data tersedia secara real time.

"Selain itu penghematan kertas terjadi karena SIPPP mengaplikasikan output berupa dokumen digital. Selanjutnya proses bisnis jauh lebih singkat karena sistem terintegrasi," kata Ojat dalam siaran persnya, Minggu, 4 September 2022.

Pengaplikasian teknologi kecerdasan buatan memungkinkan fungsi analitik semakin baik. Selanjutnya riset dan pengembangan teknologi immersive yang akan diimplementasikan pada SIPPP, akan membawa terobosan inovasi dari konsep konvensional tata kelola dan proses pembelajaran di UT, sebagai simbol pengintegrasian.

Tentunya seluruh aplikasi yang terdapat di UT dalam mendukung pengelolan Digital Learning Ecosystem, diciptakan untuk pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa. Selain SIPPP, ada pula peluncuran Aplikasi Kerja Sama atau yang dikenal dengan AKSARA.

Sedangkan sebagai upaya pengembangan Sumber Daya Manusia di UT, dilakukan pula peluncuran UT-Corpu dan pencanangan kegiatan Budaya Kerja Organisasi yang ditetapkan berdasarkan nilai-nilai yang mencakup: kualitas, integritas, inovasi, aksesibilitas, relevansi, dan akuntabilitas (KIIARA), menjadi bagian dari acara puncak Dies Natalis kali ini.

Setiap Dies Natalis, UT selalu ditandai dengan peluncuran buku. Di tahun 2022 ini, Buku Dies yang diluncurkan adalah sebagai berikut:

1.Buku Dies Natalis UT ke-38

2.Buku UT berjudul: 'Peluang dan Tantangan UT pada Masa Pandemi COVID-19'

3.Buku Pemenang Lomba Esai SMA berjudul: 'Cerita Siswa Belajar Online di SMA'

4.Buku Dosen FST berjudul: 'Metode Penelitian Aplikasi Software MDSRAPSettIements

5.Buku Guru Besar Prof. Sugilar berjudul: 'Pembelajaran Matematika pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Sebuah Percikan Pemikiran'

Buku-buku ini diserahkan oleh Ojat kepada para pimpinan terdahulu UT yang hadir ikut merayakan kematangan UT di usia 38 tahun ini. Sebagai wujud, UT yang selalu menjaga hubungan baik dengan mitra, pada kesempatan ini pula UT memberikan penghargaan yaitu:

I. Citra Paramesti

Kata Paramesti diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti orang yang bediri paling depan. Penghargaan ini diberikan kepada individu di Iuar lingkungan Universitas Terbuka yang berdiri paling depan dalam memperkenalkan dan memberikan dukungan kepada UT.

2. Citra Saghatana

Kata Saghatana diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti organisasi. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi, lembaga, instansi pemerintah, dan swasta yang memberikan dukungan luar biasa kepada Universitas Terbuka.

3. Citra Parana

Kata Pararta diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti berita. Penghargaan ini diberikan kepada media massa yang mewartakan Citra positif Universitas Terbuka (dari sisi kuantitas dan kualitas).

Tak hanya itu, sebagai wujud memperluas jaringan kerja sama, UT juga menandatangani kerja sama dengan Walikota Pemerintah kota Sungai Penuh dan Bupati Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dies Natalis

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 UT, telah dimulai sejak 22 Juni 2022. Kegiatan ini melibatkan seluruh sivitas akademika termasuk para mahasiswa dan seluruh pegawai yang turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba-lomba di Disporseni Nasional, serta kegiatan lain seperti pelaksanaan seminar hingga pengukuhan guru besar.

Tema yang diangkat kali ini adalah ”Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru PTNBH.” Acara puncak Dies Natalis diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center dengan masih menerapkan protokol kesehatan.

Selain para pegawai UT Pusat, acara puncak Dies juga dihadiri oleh Para Rektor UT terdahulu dan pimpinan terdahulu, serta para mitra UT. Adapun para pegawai di seluruh UPBJJ-UT, mahasiswa UT, peserta Disporseni Nasional UT 2022, dapat mengikuti acara puncak melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube UT-TV.(Ati)

Credits

Bagikan