PKKMB Prodi Informatika UNRIYO Ajak Mahasiswa Baru Mengenal Budaya

user
ivan 01 September 2022, 11:11 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Untuk pertamakalinya Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara langsung. Selama dua tahun pandemi, kegiatan pengenalan kampus dilakukan secara daring dan diikuti para mahasiswa baru tanpa tatap muka secara langsung.

Ketua Prodi Informatika, I Wayan Ordiyasa, S.Kom., M.T mengatakan pengenalan kampus ini merupakan bagian penting bagi seorang mahasiswa baru. Dari sinilah mahasiwa baru akan mulai mengenal kampus tempat mereka menimba ilmu.

“Sangat penting, karena mereka baru mengawali kuliah. Mereka harus bisa menyesuaikan diri dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan kampus yang sudah diprogramkan oleh program studi,” kata Wayan disela kegiatan pengenalan kampus yang dilaksanakan di ruang audio visual kampus 1 UNRIYO Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (01/09/2022).

Dalam PKKMB mahasiswa baru juga dapat mengenal para dosen yang akan menjadi pengajar mereka. Pada Prodi Informatika,Wayan menjelaskan jika dosen selain menjadi pengajar juga sekaligus sebagai teman diskusi.

“Ini bertujuan agar suasana belajar menjadi lebih nyaman sehingga tujuan dalam kuliah dapat tercapai. Anggap dosen sebagai teman, namun tetap harus ada etika yang harus dijaga,” tambahnya.

Dalam tahun ajaran ini, Prodi Informatika telah memulai perkuliahan secara langsung. Namun demikian ada beberapa perkuliahan yang masih dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam pengenalan teknologi dunia informatika.

Wayan juga memastikan para mahasiswa saat ini telah berada di Yogya mengikuti perkuliahan. Vaksinasi booster menjadi syarat utama bagi para mahasiswa untuk memulai pembelajaran di kampus. Bagi mereka yang belum melaksanakan vaksinasi tahap tiga tersebut, pihak kampus akan memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan booster.

Ketua panitia PKKMB Prodi Informatika, Putra Wanda, S.Kom., M.Eng, Ph.D menambahkan kegiatan hari ini merupakan rangkaian terakhir dari pengenalan kampus. Pada hari pertama pengenalan kampus dilakukan untuk tingkat universitas, hari kedua  tingkat fakultas, sedangkan hari ketiga bagi program studi.

“PKKMB dimulai sejak Selasa (30/08/2022) hingga Kamis (01/09/2022). Berbagai kegiatan telah dilakukan dan dipastikan tak ada perpeloncoan dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Untuk pengenalan kampus tingkat program studi, Prodi Informatika menggelar berbagai kegiatan. Tari-tari daerah dipamerkan untuk menyambut mahasiswa baru, tak ketinggalan para dosen juga menampilkan performance terbaiknya.

Sementara itu salah seorang mahasiswa baru, Millythy Christy Kakisina mengaku dengan kegiatan ini ia lebih mengenal dosen, teman-teman seangkatan maupun segala hal tentang kampus. Dapat kuliah di Prodi Informatika memang sudah menjadi cita-citanya sejak kecil untuk nantninya dapat menjadi seorang ahli dalam bidang ini.

“Dunia informatika terus berkembang dan tidak membosankan. Setelah lulus saya akan kembali ke tempat asal untuk membangun daerah,” kata mahasiwi asal Ambon ini. (*)

Credits

Bagikan